MASOHI, Siwalimanews – Resepsi kenegaraan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 berlangsung sederhana di Baileo Soekarno Kota Masohi, Kamis, (17/8).

Sejumlah pejabat tinggi di kabupaten dengan tajuk Pamahanu-Nusa terlihat hadir dalam tos kenegaraan tersebut baik Sekda Rakib Sahubawa, forkopimda dan pimpinan OPD terlihat hadir.

Penjabat bupati dalam sambutan mengatakan meminta kepada semua yang hadir untuk maju bersama membangun maluku tengah kedepan yang lebih baik.

“Sesuai dengan tema peringatan HUT Republik Indonesia RI “Melaju Untuk Indonesia Maju”, Mari kita berdayakan segala potensi yang ada untuk menjadi bangsa yang tangguh dan terus melaju dengan terwujudnya kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama demi Indonesia Maju “, kata Bupati.

Ia mengaku kemerdekaan ini buah dari kegigihan perjuangan panjang para pahlawan bangsa yang berjuang tanpa kenal kata menyerah.
Pahlawan pendahulu mengorbankan tenaga, harta, dan bahkan tetesan darah dalam mengusir penjajah, demi Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Baca Juga: Ahli Waris Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

“Pahlawan tidak mengeluh, harapan terus dikobarkan, dengan menjunjung semangat gotong royong dan rasa persatuan berjuang sekuat tenaga melawan penjajah, untuk merebut dan mempertahankan kedaulatan bangsa,” katanya.

Olehnya, semangat pengorbanan, ketangguhan, dan persatuan para pahlawan harus terus diwarisi dan pupuk bersama sebagai kekuatan.

“Saya berharap peringatan HUT ke-78 RI ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

“Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita, dengan terus berkarya, sesuai bidang masing-masing, turut serta memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, khususnya masyarakat Malteng,” ungkapnya lagi.

Semangat untuk membangun negeri ini, lanjutnya tidak boleh padam, dan butuh kerja keras bersama.

“Kita tidak boleh patah semangat untuk membangun daerah ini, mari kita ingat kembali, resapi dan hayati, seperti kata Bapak Proklamator kita, Bung Karno yang menggelorakan semangat kita,” harapnya.

Ditambahkan keberhasilan berbagai program pembangunan, baik yang sudah, sedang, maupun akan berjalan, tentu tidak lepas dari dukungan semua stakeholders dan elemen masyarakat.

“Apa yang sudah kita lakukan itu menjadi keberhasilan kita bersama membangun daerah ini, mari kita terus bergandeng tangan membangun Maluku Tengah,” ucapnya. (S-09)