AMBON, Siwalimanews – Pasca dibuka sejak Kamis (15/2) dan dilanjutkan pada Jumat, Sabtu dan Senin (16-17-19/2), Pleno Rekapitulasi tingkat PPK Sirimau, baru menyelesaikan dua kelurahan, yakni Kelurahan Ahusen dan Rijali.

“Posisi rekap sampai hari ini (Senin red), sudah boleh hampir menyelesaikan dua kelurahan, yaitu Kelurahan Ahusen 10 TPS dan Kelurahan Rijali 18 TPS,” ujar Ketua PPK Sirimau Stevanus Silkate, kepada Siwalimanews di Sporthall Karang Panjang, Senin (19/2).

Walaupun demikian kata Silkate, untuk Kelurahan Ahusen masih tersisa satu kotak yang belum dibuka, karena mengalami beda fisik atau ada ketidak sesuaian antara pengisian BA dengan dokumen milik saksi, sehingga harus ada panduan dari planonya.

Kemudian untuk Kelurahan Rijali, masih ada empat kotak yang belum dibuka. Hal itu lantaran server website PPK/Sirekap PPK, mengalami kendala, sehingga harus dimaintenance. Sehingga kemarin, keputusannya setelah diskorsing, dan ditunda hingga hari ini (Senin red) baru dilaksanakan.

Terkait hal itu, dia mengakui adanya arahan dari KPU RI agar maintenance untuk website Sirekap seluruh Kecamatan di Indonesia.

Baca Juga: Tingkat Kepatuhan Pelayanan Publik di Empat OPD Pemprov Rendah

“Tapi arahan dari pimpinan KPU Kota Ambon, bahwa jalan saja dulu, karena itu sifatnya arahan belum ada tertulis. Jadi tetap kita jalan dengan tetap memperhatikan kalau ada kendala pada pengimputan data, kalau terjadi persoalan, harus ditunda,”ujarnya.

Penundaan itu bisa hingga keesokan hari, jika persoalan yang terjadi tidak bisa diselesaikan.

“Itu ditunda hingga hari besok, karena sementara dalam proses maintenance atau semacam pergantian peralatan atau proses perawatan suatu sistim,”jelasnya.

Ditambahkan, bahwa tahapan tingkat PPK ini akan berjalan sampai tanggal 2 Maret 2024. Yang mana hari ini, plus 5 kotak pada dua Kelurahan itu, akan dilanjutkan dengan Kelurahan Waihoka.

“Sekarang yang menjadi persoalan adalah bagaimana mempersiapkan semuanya berjalan aman dan lancar,”ujarnya.(S-25)