AMBON, Siwalimanews – PT Pelni Cabang Ambon, menyiapkan 9 kapal untuk melayani arus mudik lebaran tahun ini. kapal-kapal tersebut masing-masing KM Dorolonda, Dobonsolo, Tidar, Leuser, Sangiang, Sirimau, Nggapulu dan Pangrango.

Selain itu, terdapat satu kapal deviasi yaitu KM. Ciremai yang disiapkan guna mengantisipasi penumpukan penumpang saat puncak arus mudik nanti.

“PT Pelni melakukan persiapan dari tanggal 17 April atau H-15 sampai dengan H+15, karena lebaran kan sekitar tanggal 2 atau 3 Mei nanti,” ungkap Manager Operasional PT Pelni Cabang Ambon Muhammad Assagaff saat dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (13/3).

Guna mengantisipasi membludaknya penumpang di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon kata Assagaff, pihaknya telah mempersiapkan diri sejak 17 April mendatang. Pihaknya juga memprediksikan puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 15 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Asagaf mengaku, kapal yang akan masuk ke Ambon hanya 8 kapal, karena KM Nggapulu masih belum beroperasi.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim

“Jadi yang masuk Ambon itu ada 8 kapal, karena Nggapulu belum jalan jadi sementara masih 8 yang baru jalan. Ciremai tadinya kan tidak masuk Ambon, nanti dari Bau Bau-Ambon-Sorong pulang pergi. KM Tidar juga yang tadinya hanya sampai Manokwari saja kini Jayapura,” rincinya.

Selain kapal penumpang ukuran besar, Pelni Ambon juga menyiapkan 5 armada perintis yang homebase di Ambon serta 2 armada yang homebase di luar Ambon untuk beroperasi.

“Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, akan dioperasikan kapal perintis, karena jalur Ambon-Banda termasuk salah satu yang cukup padat pemudik,” pungkasnya. (S-21)