AMBON, Siwalimanews – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Senin (28/11). Namun dalam lawatannya tersebut, Wapres akan melakukan transit di Bandara Pattimura Ambon.

Guna memberikan pengamanan kepada orang nomor dua di Indonesia itu, maka Polda Maluku  mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan. Ratusan personel Polda Maluku yang dikerahkan dalam pengamanan Wapres ini, akan ditempatkan pada ring satu, dua dan tiga bersama personel TNI dan unsur keamanan lainnya di area gedung transit VVIP Bandara Pattimura, Swissbell-hotel dan RSUP Leimena.

Didampingi Kapolresta Ambon Kombes Raja Arthur Lumongga bersama Wakapolresta Ambon dan Wadir Intelkam Polda Maluku, Kepala Biro Operasi Polda Maluku Kombes Asep Saepudin memimpin apel kesiapan pengamanan.

Karo Ops meminta seluruh personel yang dilibatkan dalam pengamanan Wapres agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Saya harap rekan-rekan dapat melaksanakan pengamanan dengan sebaik mungkin, khususnya untuk rekan-rekan yang ditugaskan pada ring satu dan ring dua harus benar-benar dilaksanakan dengan maksimal. Sedangkan bagi rekan-rekan yang ada pada ring tiga, boleh membawa senjata api, namun penggunaannya atas perintah komandannya di lapangan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di lapangan,” pintanya.

Baca Juga: DPRD dan Pemkab Sepekati KUA PPAS APBD 2023

Karo Ops mengingatkan, meski pengamanan sering dilakukan, namun para personel diminta untuk tetap fokus dalam menjalankan tugasnya.

“Jangan pandang enteng, karena segala kemungkinan bisa terjadi saat transitnya bapak Wapres di Bandara Pattimura Ambon nanti siang. Saya minta jangan sampai naluri Polri kita ini hilang saat pelaksanaan pengamanan di lapangan dan jangan sampai kita juga melakukan pengamanan ini terlihat tegang sehingga membuat masyarakat pun ikut tidak nyaman atau terhambat dengan aktivitas pengamanan yang kita lakukan nanti,” harapnya.(S-10)