BULA, Siwalimanews – Sebanyak 39 anak-anak dari tiga dusun di Negeri Kilwaru, Kecamatan Seram Timur mengikuti khitanan massal yang gelar oleh Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Islam, dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-59 tahun ini.

Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu di Dusun Mar, Negeri Kilwaru, Senin (30/10) mengatakan, khitanan massal ini merupakan sebuah rangkaian dari Sunnah Rasul Muhammad SAW, bahwa setiap laki-laki itu harus disunat.

Sunatan ini ada dua dimensi, yaitu dimensi keagamaan dan dimensi kesehatan, dimana membersihkan virus dan penyakit yang ada dalam alat bantu kemaluan laki- laki. Untuk dimensi keagamaan, karena thaharah atau bersuci itu adalah bagian dari sah tidaknya sebuah amalan.

“Jadi sunatan massal adalah membersihkan itu harus dilaksanakan, kalau tidak maka segala aktivitas agama baik itu berhubungan dengan Allah SWT maupun berhubungan dengan manusia nilainya agak jauh,” ungkap wabup.

Dijelaskan, Nabi menganjurkana untuk sunatan, untuk itu mari mendoakan semoga anak- anak yang akan mengikuti sunatan massal ini diberkati oleh Allah SWT menjadi generasi yang soleh dan soleha, karena anak-anak ini sekarang di didik dan mengasah mereka bagaimana cara tuntunan agama sejak usia dini.

Baca Juga: Hasan Alfaeizi, Rider Termuda di Masohi Road Race Turnament

Ditempat yang sama, Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam  Kabupaten SBT Dahlan Rumesy mengatakan,  Gerakan Pemuda Islam ini adalah merupakan sebuah organisasi yang tertua di republik ini. Namun baru muncul kurang lebih dua tahun di SBT di awal tahun 2020 yang masuk bersamaan dengan pandemi Covid- 19, sehingga dirinya dipercayakan menjadi Ketua Umum GPI hingga sekarang.

“Bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober tahun 2023 Dusun Mar dan Dusun Kifar sudah melakukan musyawarah di tingkat dusun untuk Desa Persiapan Mar dan Namalomin dan disambut baik oleh kedua dusun tersebut. Mereka sangat mengharapkan agar upaya ini  bisa ditindak lanjuti pada tingkat pemberian nomor registrasi dari provinsi hingga tingkat pusat dan ini tidak terlepas dari program pemda dibawa kepimpinan Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur,” ungkap Rumesy

Rumesy mengaku, sebagai informasi, kegiatan yang dilaksanakan dan terpusat di Dusun Mar ini merupakan program kerja GPI yang sudah lama kami gagas dan kami memilih Pulau Seram sehingga ini juga menjadi tanggung jawab penuh semua orang untuk persoalan yang ada di daerah.

Untuk diketahui, usia kegiatan sunatan massal tersebut, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur sekaligus menyerahkan 50 paket sembako kepada masyarakat Dusun Mar.(S-27)