AMBON, Siwalimanews – Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto mengatakan, pelatihan tersebut dapat memberikan konstribusi positif bagi perubahan karakter dan sikap para mahasiswa Poltekkes Kemenkes Maluku yang mengikuti pelatihan.

Hal ini disampaikan Purwanto dalam pelatihan kepemimpinan dan bela negara yang diikuti 150 maha­siswa Poltekkes Kemenkes Maluku selama tiga hari mulai dari tanggal 12-14 September 2019.

Ia berharap, rangkaian kegiatan dan pelatihan yang sudah diberikan dapat menanamkan jiwa kepemim­pinan, disiplin, sikap, mental, moral, etos kerja, kemandirian maupun ke­teladanan dalam bekerja serta kehidupan sehari-hari.

Dispenlantamal IX dalam rilisnya kepada Siwalima, Jumat (13/9) mengungkapkan, setelah diserah terimakan kepada Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Maluku Hairudin Rasako, sebanyak 150 Mahasiswa Tingkat 1 Poltekkes Kemenkes Maluku me­ngikuti pelatihan dasar kepemim­pinan dan bela negara di Markas Komando Lantamal IX Ambon.

Selaku penanggung jawab ke­giatan Palaksa Detasemen Markas Lantamal IX Mayor Laut (KH) Tabang Yoseph beserta panitia kegiatan 33 prajurit Lantamal IX.

Baca Juga: Ratusan Kendaraan Ditilang

Diawal kegiatan dilaksanakan jurit malam, tujuan utama aktivitas jurit malam adalah untuk membentuk jiwa-jiwa yang mandiri, pemberani, pantang menyerah, dan tidak ber­gantung pada orang lain. Selain itu juga berguna untuk melatih kepe­mimpinan, meng­asah keberanian dan memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan juga kerja sama.

Pada kesempatan tersebut, maha­siswa juga menerima pelajaran tali temali,  peraturan baris berbaris (PBB) dan kebaharian. (S-19)