AMBON, Siwalimanews – PT Pelayaran Nasional Indonesia mendapat penugasan menyelenggarakan mudik gratis untuk momen perayaan Natal 2023 oleh Kementerian Perhubungan.

Kepala Operasional PT Pelni Cabang Ambon, Muhammad Assagaff menjelaskan, dalam rangka menindaklanjuti instruksi Kementerian perhubungan untuk melayani mudik gratis, maka PT Pelni Cabang Ambon juga mempersiapkan hal itu.

“Ada 450 seat  yang disiapkan untuk agenda mudik gratis tersebut. Mudik gratis ini daftarnya online lewat link https://linktr.ee/mutisnatal2023kemenhub, nanti satu hari sebelum hari H, para penumpang diharuskan mendatangi kantor Pelni untuk membawa berkas diri, seperti KTP dan lainnya untuk bisa mendapatkan tiket gratis itu,” jelas Assagaff kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (19/12).

Rute mudik gratis ini kata Assagaff, hanya dikhususkan untuk trayek Ambon-Tual, yang dijadwalkan sesuai kedatangan KM Ngapulu pada 24 Desember 2023.

“Karena daftarnya via link, jadi kita belum bisa monitoring berapa yang sudah mendaftar. Nanti pada saat H-1 sebelum hari keberangkatan, baru bisa kita ketahui, karena disitu mereka akan datang untuk mengambil tiket yang nanti ada cap khusus diatasnya,” ucap Assagaff.

Baca Juga: 230 Siswa Diktuba Polri di Yudisium

Untuk proses mudik Nataru ini kata Assagaff, Pelni menambah 2 armada, yaitu KM Gunung Dempo dan KM Ceremai guna mendukung arus transportasi di kawasan Timur Indonesia, demi mengantisipasi peningkatan arus mudik pada libur Natal dan Tahun Baru 2024  di Maluku hingga Papua.

“Jadi total kapal yang melayani ada 12 armada, ditambah tujuh kapal perintis,” ucap Assagaff.(S-25)