AMBON, Siwalimanews – Tahapan kampanye pemilu secara serentak tahun 2024 sudah dimulai, untuk itu, Kapolda Maluku, Inspektur Jenderal Lotharia Latif, menghimbau dan berharap tahapan kampanye dapat berjalan aman, sejuk dan damai.

Di sisi lain, Kapolda juga mengarahkan Kapolres maupun Kapolresta jajaran agar berkoordinasi dengan KPU, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta menginstruksikan jajarannya untu pengaturan skema maupun jadwal kampanye agar tidak terjadi gesekan-gesekan antar peserta atau tumpang tindihnya kegiatan kampanye.

“Pengaturan kampanye harus jelas, sehingga tidak menimbulkan potensi konflik di lapangan, kepada para Kapolres dan Kapolresta agar dapat berkoordinasi dengan KPU di setiap wilayah untuk membuat skema dan jadwal kegiatan kampanye dengan baik,” pinta Kapolda kepada wartawan di Ambon, Selasa (28/11).

Polri kata Kapolda, juga akan melakukan mapping dan monitoring situasi. Bahkan, pihaknya akan mengingatkan KPU yang tidak proaktif, dan antisipatif terhadap pengaturan kegiatan kampanye sesuai aturan.

Polri Juga akan terus bekerja sama dengan TNI, penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu untuk menjaga situasi agar tetap aman dan damai.

Baca Juga: PDIP Target 9 Kursi di DPRD Maluku

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang semakin kondusif di Maluku, agar tahapan kampanye bisa berjalan damai dan sejuk,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menghimbau, agar kampanye dilakukan dengan cara-cara yang santun dan sejuk, serta mencerdaskan masyarakat, sehingga keamanan dan kedamaian tetap terjaga di Maluku.(S-10)