AMBON, Siwalimanews – Sukses dalam pengawalan tahapan pemungutan suara pada Pemilu 2024, kini Polda Maluku dihadapkan dengan tugas baru untuk mengamankan tahapan pilkada yang akan bergulir dalam waktu dekat.

Kendati tahapan pemilu belum seluruhnya selesai, Polda Maluku harus mempersiapkan personel untuk mengantisipasi ganguan kamtibmas yang berpotensi terjadi dalam tahapan pilkada.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif mengingatkan kepada seluruh personel, baik di Polda Maluku hingga Polresta dan Polres jajaran agar dapat menyiapkan dan mengantisipasi pengamanan tahapan pilkada tahun 2024.

Hal itu disampaikan Kapolda dalam apel gabungan yang digelar di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Ambon, Senin (4/3).

“Tugas kita di masa pemilu belum selesai, karena saat ini juga kita telah masuk pada tahapan operasi mantap praja, yaitu operasi untuk pengamanan pilkada dan ini sudah berjalan tahapannya, dan proses nanti akan dilaksanakan pada bulan November,” ujar Kapolda.

Baca Juga: Terjadi Pemadaman Listrik di Bula, Ini Penjelasan PLN

Kapolda mengingatkan, seluruh personel untuk selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian di tanah Maluku.

“Seluruh personel agar dapat menyiapkan diri dan antisipasi pengamanan dalam tahapan pilkada nanti,” pinta Kapolda.

Kapolda juga minta kepada seluruh personel, agar dapat terus menjaga nama baik Polda Maluku serta terus meningkatkan pelayanan, melindungi dan mengayomi masyarakat.

Pada rapat pimpinan TNI dan Polri, Kapolri telah mengingatkan seluruh jajaran agar dapat menjaga kepercayaan publik terhadap Polri. Kepercayaan publik saat ini sudah mencapai angka 80 persen.

“Ini tentunya bukan kerja sederhana, tapi merupakan pekerjaan kita bersama dalam menjaga nama baik institusi Polri ke depan. Saya minta seluruh personel Polda Maluku untuk dapat menjaga kepercayaan publik terhadap Polri yang saat ini sudah mencapai 80% lebih,” tandas Kapolda.

Kepada seluruh personel, Kapolda juga mengingatkan untuk selalu menjaga sinergitas antara TNI dan Polri. Sinergitas penting dijaga untuk membangun kemajuan bangsa dan negara menjadi lebih baik.

“Bapak Presiden saat rapim kemarin menyampaikan apresiasi kepada kita (TNI dan Polri) atas pelaksanaan tugas pengamanan pemilu tahun 2024, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai,” ungkap Kapolda.

Seluruh personel Polda Maluku juga ditekankan untuk terus meningkatkan dedikasi dan loyalitasnya. Meski Polda Maluku belum sempurna, baik dari jumlah personel, peralatan dan sebagainya, namun Kapolda berharap, tidak menyurutkan semangat dan terus meningkatkan kinerjanya.

“Saya minta edikasi dan loyalitas serta integritas rekan-rekan sekalian harus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi,” ujar Kapolda.

Kapolda mengaku, telah melakukan monitoring kinerja personel BKO pengamanan pemilu di seluruh wilayah Maluku, dimana bangga atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya monitor rekan-rekan yang melaksanakan BKO pengamanan pemilu di seluruh satuan kewilayahan itu sangat luar biasa. Dengan keterbatasan yang ada, saya memonitor langsung pergerakan rekan-rekan di lapangan itu sampai ke ujung Pulau SBT, ujung Polres MBD dan Polres Tanimbar dengan medan yang sulit, baik itu harus ditempuh dengan jalan kaki berjam-jam hingga harus menyeberangi sungai, bahkan menyeberangi lautan. Rekan-rekan dapat melaksanakannya dengan penuh integritas dan kesungguhan dan hasilnya Polda Maluku juga tidak mengalami kejadian yang menonjol dan inilah pengabdian rekan-rekan untuk bangsa dan negara yang harus dibanggakan,” ucap Kapolda.(S-10)