AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku menggelar syukuran HUT Bhayangkara ke-76 yang digagas dalam konsep Malam Basudara Manise. Acara yang dihadiri Forkopimda dan berbagai lapisan masyarakat ini, digelar di auditorium Universitas Pattimura Ambon, Kamis (7/7) malam.

Tak hanya seremonial, dalam kegiatan ini Polda Maluku juga memberikan sejumlah penghargaan yakni, kepada Gubernur Maluku Murad Ismail dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, Danlantamal IX Ambon, Danguspurla Koarmada III, Kajati Maluku, Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Ketua DPRD Provinsi Maluku, Kepala BNN Provinsi Maluku, Kabinda Maluku, Keluarga Karel Sadsuitubun, Keluarga Matilda Batlayeri, Keluarga Zeth Lekatompessy, dan keluarga AKBP (Purn) Apeles Letty.

Bukan tanpa alasan, pemberian penghargaan ini dilakukan karena sejumlah pihak ini dinilai telah berjasa membantu Polri, khususnya Polda Maluku, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Malam  Basudara Manise, yang dihelat tersebut, juga menjadi ajang pagelaran seni, dimana sejumlah seniman, mulai dari musik orkestra dari IAKN Ambon maupun musisi lokal tampil dalam kegiatan ini. Bahkan Polda Maluku juga menyajikan perpaduan tarian dari Maluku dan Papua yang diberi nama Tarian Basudara Manise sebagai tarian yang akan ditayangkan pada kegiatan G20 di Bali sesuai  Instruksi  Presiden RI Joko Widodo.

Kapolda Maluku Irjen Lorharia Latif dalam sambutanya mengaku,  kegiatan Malam Basudara Manise ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian HUT Bhayangkara yang dihelat Polda Maluku. Berbagai kegiatan dalam menyongsong hari lahir Polri ke-76 ini, sudah dilaksanakan, mulai dari bakti sosial, bakti religi, bakti kesehatan, maupun olahraga bersama.

Baca Juga: Pemprov Mulai Bayar TPP Pegawai

“Kami juga melaksanakan kegiatan untuk mengangkat UMKM dengan melakukan kegiatan pemecahan rekor MURI untuk minum jus pala terbanyak di Indonesia yakni sebanyak 16.076, dan banyak kegiatan lainnya, seperti olahraga bersama dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait lainnya,” ucap Kapolda.

Menurutnya, kegiatan malam ini didedikasikan kepada masyarakat Maluku. Sehingga diharapkan Maluku terus aman, damai dan sejahtera.

“Selaku Kapolda saya menyampaikan permohonan maaf apabila sampai saat ini Polda Maluku jauh dari sempurna, tapi kami terus berupaya untuk melaksanakan yang terbaik dalam pelayanan, perlindungan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat Maluku,” tandas Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan TNI, Pemda, DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat atas kerjasama, sinergitas dan soliditasnya selama ini. Pasalnya, kerjasama yang berjalan baik selama ini telah mendukung kebijakan baik itu pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

Di tempat yang sama, Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya  memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku. Bahkan ia berharap Polri terus melakukan transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan atau presisi.

“Bangga lah kita menjadi bagian dari Korps Bhayangkara, bangga lah kita membangun Polri yang makin maju dan presisi,” ujarnya.(S-10)