AMBON, Siwalimanews – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku memastikan akan menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Yahya Kotta kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (31/3) menjelaskan, pasar murah yang dilakukan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang dilakukan menjelang Idul Fitri.

“Pasar Murah biasanya kita gelar untuk acara keagamaan dan ini rutin dilakukan. Untuk kali ini kita juga melakukan pasar murah untuk puasa dan menjelang Idul Fitri yang diperuntukkan pada desa-desa yang penduduknya beragama Muslim di luar Pulau Ambon,” ujar Yahya.

Menurutnya, selama ini kegiatan pasar murah dilakukan di Pulau Ambon dan untuk tahun ini Disperindag Maluku memilih Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai lokasi kegiatan.

“Selama ini pasar murah selalu dilakukan di Pulau Ambon, tapi kali ini kita gelar agak keluar dan lokasi yang dipilih yakni di Huamual Belakang, Kabupaten SBB, dimana pasar murah disini akan digelar mulai 1 hingga 4 April mendatang,” ucap Yahya.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Pasar Mardika Capai 90 Persen

Yahya menjelaskan, pasar murah kali ini akan menjual kebutuhan pokok seperti, telur, beras, gula dan minyak goreng tersebut, akan dibuat dengan sistem mobile dan barang-barang yang dijual semuanya memakai harga distributor sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat yang membutuhkannya.

Untuk mensukseskan pasar murah kali ini, maka pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah distributor bahan pokok guna membantu ketersediaan barang yang akan dijual nanti.

“Saya berharap pasar murah ini dapat memudahkan umat Muslim di Maluku dalam memenuhi kebutuhan pokok saat puasa dan menjelang Idul Fitri, termasuk menekan lonjakan harga yang cenderung naik menjelang hari-hari besar keagamaan,” harap Yahya.(S-20)