TAK hanya pimpinan umat Kristiani, apresiasi serta tanggapan positif juga datang dari pimpinan umat bergama lainnya serta sejumlah akademisi hingga anggota dan pimpinan DPRD atas keberhasilan amanah Penjabat Bupati Malteng melaksanakan instruksi presiden dan menteri dalam negeri itu.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Daerah Ma­luku Tengah, Jauhari Tuarita mengatakan, cara kerja Pemerintah Kabupaten Malteng dengan slogan kerja cepat, kerja cerdas kerja profesional memang luar biasa.

“Penjabat.Bupati Maluku Te­ngah.Muhamat Marasabessy, dalam kurun waktu 3 bulan memimpin daerah ini, dengan Motto Kerja Cepat, Kerja Cerdas,Kerja Profesio­nal dengan program terobosan SAPA UMAT, telah melakukan langkah-langkah yang luar biasa. khususnya,dalam proses pemula­ngan basudara Negeri Kariuw,” ujarnya.

Kata dia, proses pendekatan yang sangat humanis, cepat, cerdas dan profesional, kepada seluruh kom­ponen bangsa baik itu unsur TNI/Polri, dan khususnya masyarakat Negeri Pelauw sehingga basudara Negeri Kariu telah kembali ke ne­ge­rinya, puncaknya ditandai dengan Perayaan Natal bersama di Negeri Kariu, Jumat (6/1),” tandas Tuarita.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah Herry M.C. Haurissa. Menurutnya, ke­ikhlasan PJ Bupati dalam melaksa­nakan tugas dan pelayanannya kepada rakyat yang membuat segala sesuatunya berhasil. Tak hanya itu, kata Haurissa, beliau juga ulet merawat hubungan antar lembaga sangat baik.

Baca Juga: Tahun 2022, Target PAD Pemkot Capai 81 Persen

“Proses penanganan masalah kemanusiaan Pelau Kariu sudah dilakukan secara baik; sejaun ini bupati membangun koordinasi lintas Lembaga dilakukan dengan baik dan sistimatik; beliau selalu mengko­ordinasikan hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan pemulangan warga kariu, maupun kepentingan pembangunan in­frastruktur di Pelau Kariu, maupun policy-policy penganggaran selalu dipercakapkan dengan DPRD,” katanya.

Kata dia, penjabat dinilai sangat tanggap betul untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kemanusiaan dan itu dilakukan dengan ikhlas; ketulusan dan keiklasan beliau dalam menyelesaikan persoalan kemanusiaan perlu beri nilai tam­bah”Ungkap Haurissa.

Berbagai tanggapan serta apre­siasi terus mengalir bagi cara kepe­mimpinan Muhamat Marasabessy sebagai Penjabat Bupati Mal­teng,terutama dalam menyikapi serta memberikan perhatian serius bagi pununtasan konflik kemanu­siaan di Kariu dan Pelauw

Ketua DPC PDI Perjuangan se­kaligus Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Maluku Tengah, Zeth Latukarlutu, menilai selain keikhlasan Bupati Malteng Muhamat Marasabessy memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan tugas dan perannya sebagai pe­mimpin daerah.

“Sejak dilantik dan datang ke Masohi 12 September 2022, Beliau melakukan terobosan dengan tidak membangun tembok tapi beliau membangun Jembatan melalui GERAKAN SAPA UMAT. banyak sekali jembatan komunikasi terba­ngun. kami berharap beliau terus bangun Jembatan Jangan Pernah bangun Tembok.

Melalui jembatan komunikasi yg beliau bangun serta komitmen dan konsistensi beliau untuk mengem­balikan warga Kariu sangat luar biasa. Beliau menunjukan Keikhlas­an dalam membangun semangat hidop orang basudara di Maluku Tengah,” cetusnya.(S-17)