NAMLEA, Siwalimanews – Prajurit Kodim 1506 Namlea menjalani proses vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di Puskesmas Namlea, Rabu (21/4).

Prajurit dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1506 Namlea divaksin menggunakan vaksin Astrazeneca.

Kapten Inf Haris Tumenggung kepada wartawan disela-sela proses vaksinasi ini menjelaskan, pelaksanaan vaksin yang dilakukan kepada anggota Kodim 1506 Namlea dan Pengurus Persit KCK adalah yang pertama divaksin menggunakan vaksin  Astrazeneca di Kabupaten Buru.

Pantauan Siwalimanews pada kegiatan itu terlihat sebanyak tiga prajurit dan empat pengurus Persit KCK menjalani vaksinasi tahap pertama dan mereka akan menjalani tahap kedua 14 hari ke depan.

Mereka yang  divaksin tadinya dinyatakan telah lolos verifikasi pendaftaran. Kemudian menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Pada meja ini para prajurit dan pengurus persit penerima vaksin diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

Baca Juga: Pembunuh Husein Suat Divonis 15 Tahun Penjara

Setelah melewati tahap itu, di meja kedua, mereka diberikan pertanyaan sebanyak 16 item, termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka tidak diperbolehkan menerima vaksin.

Sedangkan pada meja III adalah pemberian vaksin. Usai divaksin, penerima vaksin menjalani masa observasi selama 30 menit. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau kejadin ikutan pasca imunisasi.

Selama masa observasi, dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin.  Prajurit dan pengurus persit yang divaksin dinyatakan aman.

Dandim 1506 Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi  kepada wartawan mengatakan, vaksinasi merupakan program nasional  yang harus didukung bersama, sebab ini merupakan bagian dari bela negara.

“Kalau kita sehat, negara juga sehat kuat dan aman, maka Indonesia sejahtera. Jangan pernah takut, vaksin ini halal dan ini demi keselamatan semua bangsa,” ucap Dandim.

Sesuai rencana kegiatan vaksin bagi prajurit TNI dan juga Pengurus Persit KCK  akan terus berlanjut dan ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Kodim 1506 Namlea terhadap program pemerintah dimasa pandemi Covid-19. (S-31)