AMBON, Siwalimanews – KM Dorolonda dari Pelabuhan Namlea yang tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Rabu (15/4) dini hari tadi sebanyak 52 penumpangnya debarkasi atau turun di Ambon.

Para penumpang yang turun ini maupun barang bawaan mereka, semuanya tak luput dari pemeriksaan suhu tubuh oleh tim kesehatan pelabuhan dengan menggunakan termometer infraret. Seluruh penumpang rata-rata suhu tubuhnya berkisar antara 34 – 36 derajat celcius.

“Pemeriksaan suhu tubuh ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya penumpang yang keluar dari Ambon dan masuk Ambon membawa virus Covid – 19,” ungkap salah satu petugas kesehatan pelabuhan yang enggan namanya dipublikasikan.

Usai melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh, para penumpang diarahkan untuk melakukan pendataan oleh Satpol PP Maluku sekaligus pembagian kartu kepada penumpang yang turun ke Ambon.

Bagi pemegang kartu hijau adalah para penumpang yang miliki KTP Maluku, sementara kartu kuning untuk penumpang yang memiliki KTP luar Maluku.

Baca Juga: Gedung SDN 3 Tomalima di Passo Terbakar

Dari total 52 penumpang yang turun di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon itu, yang miliki KTP Maluku Jumlah 39 orang, sementara penumpang KTP luar Maluku hanya 1 orang.

“Penumpang yang miliki KTP Maluku langsung diarahkan ke pintu keluar terminal penumpang selanjutnya kembali ke rumah masing-masing dan melaksanakan karantina mandiri. Penumpang yang miliki KTP Luar Maluku langsung diarahkan ke mobil pariwisata untuk menuju Asrama Haji di Desa Waiheru, Kecamatan Baguala untuk melaksanakan karantina,” ujarnya.

Hadir di pelabuhan masing-masing, Kapolsek KPYS, Kepala PT Pelni Cabang Ambon, Kepala Trantib Satpol PP Maluku. Sementara personil yang tergabung dalam tim gugus tugas penangan Covid-19 antara lain, Personil Kodim 1504 Ambon, Personil Denkav 5/ Blc, Personil Polairud, Personil dari Polsek KPYS, Tim Kesehatan Pelabuhan Klas 1 Ambon, Dinas perhubungan Maluku, Satpol PP Prov Maluku, personil Tagana Maluku. (S-39)