AMBON, Siwalimanews – Guna mengantisipasi dampak penyebaran virus corona desease 2019 (Covid-19), maka Pangkalan Utama TNI AL IX Ambon menyerukan program ketahanan pangan.

Program yang dilaksanakan oleh seluruh personel militer beserta keluarga di Mako Lantamal IX Ambon serta pekarangan Rumdis Ksatrian Lantamal IX Ambon, Rabu (15/4).

Dengan memberdayakan lahan kosong yang berada di sekitar Mako Lantamal IX dan halaman masing-masing kantor satker serta halaman rumah dinas Ksatrian Lantamal IX. Seluruh prajurit menanam berbagai macam tanaman antara lain umbi-umbian, jagung, sayuran serta membuat kolam ikan yang nantinya dapat dipanen dan dikonsumsi keluarga.

Disela-sela kegiatan tersebut Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto,  mengatakan, program ketahanan pangan yang dilaksanakan berupa penanaman tanaman yang mengandung karbohidrat serta berbagai sayur untuk kebutuhan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

“Kegiatan ini sengaja dilaksanakan sebagai tindak lanjut dalam menghadapi antisipasi dampak Covid-19 apabila berkepanjangan, karena merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait dengan kecenderungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat dari hari ke hari,” ujar Danlantamal.

Baca Juga: Gedung SDN 3 Tomalima di Passo Terbakar

Menurutnya, ketahanan pangan adalah terpenuhinya pangan dengan ketersediaan yang cukup, tersedia setiap saat, mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau.

Hal ini diwujudkan dengan penanaman umbi-umbian, ketela, jagung, sayuran serta pembuatan kolam ikan Nila yang dibuat langsung baik maupun memaksimalkan lahan kosong di kantor sekitar Mako Lantamal IX maupun di halaman rumah dinas prajurit. (S-21)