AMBON, Siwalimanews – Politeknik Negeri Ambon menerima bantuan 20 unit komputer guna mendukung upaya Politeknik melakukan revitalisasi sarana pembelajaran laboratorium akuntansi, yang berlangsung Selasa (21/9).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW MMU Sihar M. Tambunan kepada Direktur Politeknik Ambon Dady Mairuhu, dan disaksikan oleh Anggota DPR RI dapil Maluku, Mercy Barends secara virtual.

“Bantuan sarana komputer ini untuk mendukung upaya Politeknik Ambon melakukan revitalisasi laboratorium akuntansinya,” kata Barends saat penyerahan bantuan tersebut secara daring.

Penyerahan bantuan itu sekaligus untuk mendukung Politeknik Negeri Ambon sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Olimpiade Akuntansi Vokasi (OAK) IV yang dijadwalkan berlangsung pada 20-22 Oktober 2021.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, bantuan tersebut direalisasi­kannya sesuai proposal yang disampaikan Direktur Politeknik Ambon Dady Mairuhu, saat dirinya berkunjung ke lembaga pendidi­kan itu pada Februari 2021.

Baca Juga: Pegawai Kecewa, Hari Ini ke Disnaker

“Sesuai proposal yang disampaikan Direktur Politeknik Ambon Dady Mairuhu, saat berkunjung ke lembaga pendidikan itu pada Februari 2021. Saya kemudian memanfaatkan kerja sama mitra Komisi VII DPR RI dan merealisasikan bantuan 20 unit komputer sesuai spesifikasi yang dibutuhkan melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) BUMN senilai Rp 250 juta,” jelasnya.

Sedangkan penyaluran ditangani PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku – Maluku Utara (MMU), lanjut dia, melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan tersebut..

Dia menilai keberadaan Politeknik Negeri Ambon sangat besar terutama menghasilkan sumber saya manusia berkualitas, mandiri dan unggul di Maluku yang siap terjun dan bersaing di ke pasar kerja.

Menurutnya, era persaingan bebas dan globalisasi saat ini menjadi pemicu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin canggih dan mengakibatkan terjadinya pergeseran paradigma di jalur pendidikan vokasi.

“Melihat situasi ini, maka saya terus mendorong Politeknik Negeri Ambon untuk berkomitmen melakukan perbaikan dan pembaharuan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan SDM Maluku yang handal dan memiliki daya saing berkualitas,” katanya.

Ia menyadari pentingnya sarana pembelajaran yang memadai dan representatif khususnya fasilitas laboratorium komputer untuk mencapai tujuan dimaksud, serta sesuai visi Indonesia Emas 2045 yakni pembangunan SDM dan penguasaan iptek, perkembangan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, dan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan. (S-16)