AMBON, Siwalimanews – Hujan deras disertai angin kencang pada, Kamis (1/12) menghantam Kota Ambon dari pukul 11.00 WIT hingga siang hari mengakibatkan pohon tumbang pada sejum­lah lokasi dan menimpa ru­mah warga.

Pantauan Siwalima di Lateri, sejumlah pohon besar tumbang dan menimpa tiga rumah khususnya RT 03/RW 03 yaitu Keluarga Pattiapon, Keluarga Andrias dan Ke­luarga Wattimena.

Menurut Ketua RT 03/RW 03, Lucky Sahusilawane pohon tumbang menimpa tiga rumah warga, yang terjadi te­pat pukul 13.00 WIT saat hu­jan besar dan angin kencang

“Hujan deras siang tadi kejadian begitu cepat karena angin juga kencang, pohon tumbang menimpa tiga rumah warga yaitu, Kel Patitiapon maupun Keluarga Andrias,” ujar Sahusilawane kepada Si­walima di Lateri, Kamis (1/12).

Dikatakan, akibat pohon tum­bang tersebut mengakibatkan ruas jalan Wolter Monginsidi,  Lateri, Kecamatan Baguala  Kota Ambon.macet, namun proses tersebut bisa diatasi setelah aparat kepolisian turun membantu mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga: Kios BBM di Larat Terbakar, Satu Meninggal

Sementara itu, staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Chey Palijama di sela-sela tinjauan di Lateri mengaku, ada beberapa rumah di Lateri yang tertindis pohon.

Kata Palijama pohon tumbang disebabkan akibat hujan deras dan angin kencang sehingga yang menimpa tiga rumah di Lateri khususnya RT 03/RW03.

“Ada 3 rumah di Lateri yang tertimpa pohon, da nada 2 sepeda motor juga tertindis motor serta satu mobil. Kenderaan roda dua maupun empat itu milik warga,” katanya.

Ketika ditanyakan pohon tum­bang di wilayah mana saja di Kota Ambon, Palijama mengaku pihaknya masih belum ada data lengkap, tetapi selain Lateri juga SKIP.

“Ada SKIP dan kami belum dapatkan tetapi setelah ini kami ke SKIP, juga pohon tumbang,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Baguala AKP Meyti Jacobus juga membe­narkan pohon tumbang dan menin­dis rumah warga.

“Peristiwa tumbang pohon mang­ga tersebut dikarenakan hujan deras disertai angin kencang dan ditam­bah lagi batang pohon mangga tersebut sudah dalam keadaan busuk  sehingga mudah untuk roboh ke tanah,” ujar Kapolsek kepada wartawan, Kamis (1/12).

Akibat dari pohon yang tumbang tersebut akses jalan sempat terisolasi. Namun tak lama kemudian tim gabungan yang melibatkan BPBD Kota Ambon, Damkar, TNI dan Polri tiba di TKP dan member­sihkan bangkai pohon.

“Tim gabungan tadi dikerahkan dari BPBD Ambon, Damkar, dan TNI, Polri sehingga bangkai pohon dapat dibersihkan menggunakan alat potong berupa mesin Senso,” pungkasnya.

Tak ada korban jiwa dalam insiden ini, kerugian yang dialami hanya kerugian materil berupa 2 unit sepeda motor yang tertimpa batang pohon. (S-10)