AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, mengeluarkan peringatan dini waspada   cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah wilayah di Pro­vinsi Maluku yang berlaku tanggal 6 Maret hingga 8 Maret 2022.

Berdasarkan adanya belokan angin disepanjang wilayah khatu­listiwa termasuk wilayah Maluku Bagian utara, serta daerah perapa­tan massa udara yang signifikan di wilayah Maluku bagian tenggara dan selatan.

“Analisis suhu muka laut di wila­yah Maluku secara umum terpantan cukup hangat (29.0-30°C), sedangkan kelembapan udara lapisan atas (850-700mb) menun­jukkan keadaan yang normal (60-90%) yang mengindikasikan masih adanya peluang pembentu­kan awan hujan melalui konvek­tivitas yang tinggi,” ungkap Kepa­la BMKG Sta­siun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Kamari dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Minggu (6/3).

Selan itu untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi  tanggal 6 Maret 2022 pada wilayah Kabu­paten Seram Bagian Barat, Kabupa­ten Seram Bagian Timur, Kota Tual, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabu­pa­ten Kepulauan Tanim­bar, Kabu­paten Buru dan Kabupaten Maluku Tengah.

Selain itu, lanjut dia, untuk wila­yah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat nantinya berpeluang terjadi pada tanggal 7 Maret  pada Wilayah Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru Selatan, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Jemaat GPM Sinar Gelar Persidangan ke-21

“Untuk tanggal 8 Maret terjadi pada Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara,  Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” ujarnya. (S-21)