AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mendukung perlindungan sumber daya air di Desa Ohoiwait, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Malra, maka pihak PT PLN memberikan bantuan sebesar Rp 100 juta.

Bnatuan yang diberikan melalui program PLN Peduli ini, untuk konservasi dan perlindungan sumber daya air, sebagai program pengghijauan dan juga pengendalian pencemaran air di sumber air Kait, Desa Ohoiwait.

Adapun bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Senior Manager Teknik PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Malut Pedi Sumanto di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual, kepada perwakilan kelompok tani Desa Ohoiwait.

“Bantuan ini diberikan sebagai langkah PLN dalam membantu kegiatan konservasi sumber air atau penanaman pohon disekitar sumber air, yang berfungsi untuk mengembalikan kualitas debit air disekitar sumber air Desa Ohoiwait,” ungkap Manager PLN UP3 Tual Alexander J. Manuhuwa.

Program ini merupakan kolaborasi antara PLN dengan kelompok tani desa tersebut sebagai salah satu upaya untuk perlindungan dan pelestarian mata air, guna melindungi titik mata air dari semua zat pencemar dan kerusakan.

Baca Juga: Awal Mei, ASN Pemprov Terima THR

“Akibat adanya aktivitas manusia maupun binatang disekitar sumber air, sehingga harapannya dapat mengembalikan fungsi hutan di kawasan sumber air Rahareng sebagai penyangga dan serapan air,” ujarnnya.

Ditambahkan, sumberdaya air yang berlokasi di Desa Ohoiwait, merupakan potensi sumberdaya air, yang digunakan oleh 1.291 jiwa masyarakat desa tersebut untuk memasok dan mendistribusikan air bersih bagi kebutuhan domestik penduduk, bidang pertanian dan hortikultura dalam meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

“Dengan demikian, besar harapan kami melalui program TJSL PLN Peduli ini, dapat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas seperti sediakala, dengan ketersediaan sumber daya air yang berkualitas,” tutupnya. (S-51)