AMBON, Siwalimanews –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksikan, bahwa saat ini fenomena badai La Nina menunjukan masih berada pada kondisi tidak aktif dan ini diperkirakan hingga bulan November mendatang.

“Pada saat ini, fenomena La Nina berada pada kondisi tidak aktif atau netral. BMKG memperkirakan fenomena netral akan berlangsung hingga November 2021,” ungkap Prakirawan BMKG An Marlia kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya,  Senin (3/5).

Hal ini kata Marlia, terpantau dari kondisi permukaan laut di Pasifik bagian tengah, yang menunjukan anomali suhu permukaan laut yang netral.

Untuk monitoring La Nina, BMKG selalu melakukan update terkait perkembangan dari fenomena tersebut, dimana dari pemuktahiran analisis dan prediksi pada akhir bulan April 2021, posisi La Nina berada pada status netral.

Walaupun demikian, Ia menghimbau kepada masyarakat agar terus mengupdate info cuaca yang telah dikeluarkan oleh BMKG melalui media resmi, sehingga dapat lebih tanggap terhadap dampak yang mungkin bisa ditimbulkan oleh fenomena cuaca. (S-51)

Baca Juga: BPS: Ekspor Maluku Naik 177,83 Persen