AMBON, Siwalimanews – DPP PKS secara resmi telah me­nyerahkan rekomendasi kepa­da empat pasangan bakal calon kepala daerah yang akan berta­rung pada pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Penyerahan rekomendasi se­cara virtual ini dilakukan, Sabtu (29/8) dihadiri langsung pengurus DPP PKS di Jakarta, diikuti oleh pe­ng­urus DPW PKS yang akan me­langsungkan pilkada serentak, ter­masuk empat kabupaten di Maluku.

Dalam surat keputusan yang di­bacakan Sekertaris Tim Pemena­ngan Pemilu dan Pilkada DPP PKS La Ode Rahmat  Zaadi, diketahui selain mengusung dua kandidat untuk bertarung dipilkada, DPP PKS juga mendukung dua kandi­dat lainnya.

Kedua kandidat yang diusung PKS masing-masing Fachri Alkatiri-Arobi Kelian untuk pilkada Kabu­paten SBT dengan Surat Keputu­san Nomor 010/SKEP/DPP-PKS/2020 sedangkan, Kabupaten Ke­pulauan Aru untuk pasangan Timotius Kaidal dan La Gani Karnaka dengan Surat Keputusan Nomor 201/SKEP/DPP-PKS/2020.

Selain itu, dua kandidat yang didukung oleh PKS diantaranya, Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Kilikily untuk pilkada Maluku Barat Daya dengan Surat Keputusan Nomor 226/SKEP/DPP-PKS/2020. Sedangkan Safitri Soulissa dan Gerson Selsily untuk Buru Selatan sesuai Surat Kepu­tusan Nomor 136/SKEP/DPP-PKS/2020.

Selanjutnya, pembacaan dan penyerahan rekomendasi B1-KWK dilakukan pada sekretariat DPW PKS Maluku dan dihadiri calon wakil Bupati Buru Selatan Gerson Selsily, calon Wakil Bupati SBT Arobi Kelian serta Benhur Watubun yang mewakili pasangan Benjamin Noach dan Agustinus Kilikily.

Sementara itu, untuk pasangan Timotius Kaidal dan La Gani Kar­laka, penyerahan rekomendasi di­la­kukan langsung di Kabupaten Kepulauan Aru dan diterima oleh kandidat.

Usai menyerahkan rekomen­dasi, Ketua Umum DPW PKS Ma­luku, Aziz Sangkala mengatakan, PKS akan berjuang bersama de­ngan keempat kandidat yang direkomendasikan DPP untuk memastikan keempat kandidat memenangi pilkada serentak 9 Desember 2020.

“Kita akan bersama dengan calon berjuang untuk memastikan calon yang diusung pada semua kabupaten/kota memenangi pilkada 9 Desember nanti,” ujarnya

Menurutnya, walaupun untuk pil­kada MBD dan Buru Selatan, PKS ha­nya sebagai partai pendukung te­tapi langkah selanjutnya akan diupa­yakan agar dapat  memberikan kon­tri­busi bagi peningkatan suara, sehi­ngga pasangan yang diusung dan didukung dapat memenangi pilkada.

Dalam kesempatan itu, bakal calon Wakil Vupati SBT, Arobi Kelian menegaskan, dengan jumlah partai pengusung dan 14 kursi yang di DPRD SBT, pihaknya yakin akan mememangi pilkada Kabupaten SBT.

“Kami sudah enam partai yang mengusung dengan jumlah 14 kursi dan sementara melakukan lobi dengan PKB  mudah-mudahan dapat juga jadi 15 kursi,” ujarnya.

Kita memang rencana walaupun belum ada rapat koalisi untuk menentukan kapan mendaftar, tapi dengan bakal calon bupati menyepakai untuk daftar pada hari Jumat tanggal 4

Hal senada disampaikan, calon Wakil Bupati Buru Selatan Gerson Selsili. Ia menegaskan, dengan dikantonginya lima partai politik, dirinya yakin akan memenangkan pertarungan  nantinya.

“Yang sudah ada ditangan kita 5 partai dengan sembilan kursi, kalau ditambah  dengan partai non sit ada PKS, PKB, PKPI, PSI dan Bulan Bintang maka kita yakin menang,” tuturnya.

Benhur Watubun yang mewakili pasangan Benjamin Noach dan Agustinus Kilikily juga menega­skan, optimismenya untuk meme­nangi pilkada yang ada dengan mengan­tongi mayoritas partai politik. “Seluruh partai dukung kita, kecuali Gerindra dan Golkar.  Kami yakin pasti menang,” cetusnya. (Cr-2)