NAMROLE, Siwalimanews – Tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan akan adu visi dan misi dalam debat publik yang digelar oleh KPU Bursel hari ini, Selasa (24/11).

Debat publik yang akan dipusatkan di gedung Serbaguna Namrole itu akan diikuti tiga paslon yaitu, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB), Abdurrah­man Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS) serta Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES).

Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw ke­pada wartawan di ruang kerjannya men­jelaskan, debat kandidat yang disele­nggarakan ini akan berlangsung sebanyak dua kali. “Debat I akan berlangsung Selasa (24/11) pukul 19.30 WIT di gedung Serba­guna Namrole dan Debat II akan berlang­sung pada Sabtu (28/11),” ungkap Mahulauw.

Debat pertama tema yaitu, menyelesai­kan permasalahan daerah, menyelaras­kan pembangunan nasional, memper­kokoh NKRI dan kebangsaan serta strategi penanggulangan Covid-19.

Dalam debat I ini, akan diberlakukan dengan protokol kesehatan, yakni mema­kai masker dan menjaga jarak.

Baca Juga: Besok, KPU Bursel Gelar Debat Kandidat I

“Debat I tersebut tetap perhatikan protokol kesehatan sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 06 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilgub dan Wgub, Bupati dan Wabup dan atau Walikota dan Wawali serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid- 9,” ujarnya.

Dijelaskan, pada debat I ini hanya diisi oleh 50 orang yang terdiri dari ketiga paslon yang didampingi masing-masing 4 orang dari tim pemenangan, kemudian Bawaslu 2 orang dan komisioner lengkap KPU Bursel.

Namun, jika terdapat monitoring dari KPU atau Bawaslu provinsi, maka mereka juga akan diakomodir ikut dalam dsebat ini. Sedangkan, untuk panelis debat I ini telah ditunjuk lima orang yang ahli di bidangnya sesuai keputusan KPU Bursel Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020.

“Lima panelis ini masing-masing, Ruslan Tawari (Dosen Unpatti), Sherlock H Lekipiouw (Dosen/ Ketua LBH Fakultas Hukum Unpatti), Djufri Rais Pattilow (Dosen Unpatti), Amir F Kotaromalos (Unpatti), Abdul Manaf Tubaka (Dosen dan Direktur Pusdap IAIN),” urainya sembari menam­bahkan, KPU Bursel telah menetapkan moderator untuk memandu debat I ini yakni Aliva Medy Cahaya Putri. (S-35)