NAMROLE, Siwalimanews – Dipastikan besok, Selasa (24/11) KPU Buru Selatan akan menggelar debat kandidat calon kepala daerah. Deabt  yang akan diikuti tiga paslon ini dipusatkan di gedung Serbaguna Namrole.

Ketiga paslon yang akan mengikuti debat ini masing-masing paslon nomor urut 1, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB), paslon nomor urut 2, Abdurrahman Soulisa-Elisa Ferianto Lesnusa (MANIS) serta paslon nomor urut 3   Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES).

Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw kepada wartawan di ruang kerjannya, Senin (23/11) menjelaskan, debat kandidat yang diselenggarakan ini akan berlangsung sebanyak dua kali.

“Debat I akan berlangsung Selasa (24/11) pukul 19.30 WIT di Gedung Serbaguna Namrole dan Debat II akan berlangsung pada Sabtu (28/11),” ungkap Mahulauw.

Baca Juga: Bawaslu dan Dinkes Bursel Tandatangan MoU

Untuk tema pada debat I ini kata Mahulauw yakni, Menyelesaikan Permasalahan Daerah, Menyeleraskan Pembangunan Nasional, Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan serta Strategi Penanggulangan Covid-19.

Dalam debat I ini, akan diberlakukan dengan protokol kesehatan, yakni memakai masker dan menjaga jarak.

“Debat I tersebut tetap perhatikan protokol kesehatan sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas PKPU Nomor 06 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilgub dan Wgub, Bupati dan Wabup dan atau Walikota dan Wawali serentak lanjutan dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid- 9,” ujarnya.

Dijelaskan, pada debat I ini hanya akan diisi oleh 50 orang yang terdiri dari ketiga paslon yang akan didampingi masing-masing 4 orang dari tim pemenangan, kemudian Bawaslu 2 orang dan komisioner lengkap KPU Bursel.

Namun, jika terdapat monitoring dari KPU atau Bawaslu provinsi, maka mereka juga akan diakomodir ikut dalam dsebat ini. Sedangkan, untuk panelis debat I ini telah ditunjuk lima orang yang ahli di bidangnya sesuai keputusan KPU Bursel Nomor: 125/PL.02.4-Kpt/8109/KPU-Kab/X/2020 tanggal 28 Oktober 2020.

“Lima panelis ini masing-masing, Ruslan Tawari (Dosen Unpatti), Sherlock H Lekipiouw (Dosen/ Ketua LBH Fakultas Hukum Unpatti), Djufri Rais Pattilow (Dosen Unpatti), Amir F Kotaromalos (Unpatti), Abdul Manaf Tubaka (Dosen dan Direktur Pusdap IAIN),” urainya.

Selain para panelis tambah Mahulauw, KPU Bursel juga telah menetapkan moderator untuk memandu debat I ini yakni Aliva Medy Cahaya Putri. (S-35)