DOBO, Siwalimanews – Mencegah terjadinya kesalahan saat pelaksanaan pengawasan pemilu nanti, Bawaslu Kabupaten Kepulauan Aru memberikan pelatihan kepada petugas pegawas kecamatan dan petugas kesekretariatan panwaslu, Selasa (21/2).

Komisioner Bawaslu Aru Bidang Pengawasan dan Partisipasi Masyarakat, Baco Djabumir saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini dianggap sangat penting untuk mencegah terjadinya kesalahan saat pelaksanaan pemilu.

“Kepada kepala-kepala sekretariat panwaslu kecamatan diharapkan dapat mengikuti pemateri nanti secara baik agar dalam pelaksanaan kesekretariatan dapat menjaga keharmonisan dan konsolidasi tim kerja yang baik sehingga menghasilkan hasil akhir yang baik, harapnya.

Sementara itu, pemateri, WR. Wakim mengatakan dalam menjaga hal-hal yang tidak diinginkan nantinya, maka diharapkan untuk tetap berpatokan pada tahapan dan  aturan yang ada.

Disamping itu, dalam kesekretariatan harus jelas dalam distribusi tugas secara baik, sehingga tidak terjadi kesenjangan dalam kerja.

Baca Juga: 342 Petugas Pantarlih Aru Sudah Dilantik

“Kami sebagai pemerintah sangat mengharapkan agar kerja sesuai dengan tugas dan fungsi (tupoksi) secara maksimal. Selain itu, proses cek and balance itu harus tetap diperhatikan secara merata oleh seluruh penyelenggara,” ingatnya.

Karena itu tutupnya, pengawas sedapat mungkin dapat meminimalisir suatu kesalahan yang berdampak pada penyelenggara itu sendiri maupun pemilih. (S-11)