AMBON, Siwalimanews – Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNPATTI Ambon menginisiasi seri diskusi bulanan, Sosial Budaya, Politik dan Ekonomi, menyambut tahun perpolitikan di tahun 2024 mendatang, yang dipusatkan di kampus FISIP, di kawasan Poka, Kamis (16/2).

Kepala Laboratorium Sosiologi, Fisip Unpatti Ambon, Fransina Matakena, dalam sambutannya  mengungkapkan, kegiatan ini akan berlanjut dalam beberapa bulan kedepan. Namun untuk kegiatan diskusi perdana ini, dimulai dengan tema “Profil Pemimpin Maluku di masa Mendatang,” dengan meng­hadirkan narasumber politisi senior yang juga mantan Wakil Gubernur Maluku  Zeth Sahuburua,

Matakena berharap diskusi hari ini memberikan manfaat bagi kita semua dalam memaknai setiap hasil diskusi untuk bisa mengaplika­si­-kan­nya dalam momentum pemili­han kepala daerah (Pilkada) mendatang.

Sementara itu, Zeth Sahuburua,  yang dipercaya sebagai pemateri dalam diskusi perdana ini mengungkapkan, pemikiran yang akan disampaikan pada diskusi kali ini, menjadi suatu rumusan bersa­-ma yang akan menjadi acuan bagi para kepala daerah, baik bupati dan walikota di sebelas kabupa­ten/kota di Provinsi Maluku ini.

“Namun harus diingat bahwa rakyat mempunyai kedaulatan penuh untuk menentukan lahirnya seorang pemimpin kepala daerah. Itu berarti pemikiran-pemikiran ini harus dirumuskan agar jadi acuan pada proses pemilihan kepala daerah di sebelas kabupaten/kota. Tapi yang punya kedaulatan adalah rakyat yang menentukan, “ujar Sahuburua.

Baca Juga: 342 Petugas Pantarlih Aru Sudah Dilantik

Diskusi dengan tema, “Profil Pemimpin Maluku di Masa Mendatang ini, dilangsungkan di lantai tiga kampus FISIP, dibuka oleh Dekan FISIP,  Wahab Tuanaya dipandu moderator, Dominggus. E. B. Saija  dan dihadiri Wakil Dekan 2. Paulus Koritelu juga para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unpatti Ambon bersama tamu undangan lainnya.

Selain itu, pada kegiatan diskusi perdana ini, turut menghadirkan lima profesor; masing-masing, Tony Pariela,  A.Watloly, PMin Sosolissa,  Zainal Rengifurwarin dan Prof Dr Arsaad Rahawarin. Selain itu hadir pula, Wakil Dekan I Fisip, Joseph Ufie. (S-08)