AMBON, Siwalimanews – PT Pertamina melalui Marketing Operation Region VIII, berkomitmen untuk terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

Program kemitraan Pertamina sendiri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha UMKM binaan mereka, sehingga menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Surveyor and analyst PKBL Pertamina Ambon, Fanny Ruth Andira Siregar mengungkapkan, Pertamina berkomitmen untuk terus membantu UKM di Ambon. Buktinya, sebanyak 27 UKM dibantu melalui bantuan modal Rp 1,6 miliar.

“Kita Fokus untuk UKM, ada 27 UKM di Ambon dan ada 2 di Masohi yang masuk dalam program PKBL. Ini dalam berbagai banyak industri misalnya berbagai jenis kuliner khas daerah, abon ikan Tuna, sirup pala, toko sembako dan lainnya,” jelas Fanny kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (2/10).

Menurutnya, Pertamina memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM dengan memberikan bantuan berupa pinjaman modal usaha. Pinjaman itu maksimal 200 juta. dengan sistim pengembalian per bulan 0,2 persen. Pengembalian ini akan dipakai Pertamina untuk memberikan kelas-kelas pelatihan bagi UMKM-UMKM tersebut.

Baca Juga: Ekspor Maluku Turun 86,51 Persen

“Target kita usaha kecil dan menengah. Pertamina juga akan melakukan survei ke tempat usaha. Kita sangat konsen untuk itu, karena kita berharap modal usaha yang dibantukan kepada UMKM itu bisa ada peningkatan,” harapnya.

Ia menegaskan, Pertamina sendiri dalam program CSR bukan hanya sekedar formalitas, tetapi turut melakukan monitoring. Selain telah memberikan bantuan tahap awal bulan Juli lalu, direncanakan pertengahan Oktober ini juga akan dicairkan bagi UMKM.

“Kita benar-benar mau untuk mengembangkan UMKM. Setelah uang dicairkan maka kita kasih kelas-klas pelatihan. Kita mau UMKM itu bisa berkembang. Dan sekali-kali kita akan turun monitoring,” ujarnya sembari menjelaskan, untuk program bina lingkungan, lanjutnya, salah satu buktinya Pertamina telah membantu PAUD Wayame Cinta Anak.

Untuk diketahui, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VIII telah memberikan bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp 1,62 miliar kepada 27 UMKM di wilayah Ambon, pada 20 Juli 2020 lalu. Sebelumnya Pertamina telah menyalurkan Rp 2,1 miliar bagi wilayah Tual di bulan Juni.

Unit manager communication, relations & CSR marketing operation region VIII, Edi Mangun dalam kesempatan terpisah menyampaikan, penyaluran dana program kemitraan di Ambon, merupakan bagian dari kerja cepat guna mendongkrak perekonomian Ambon yang terdampak akibat Covid-19. (S-19)