AMBON, Siwalimanews –. Pertamina juga memastikan stok BBM saat ini dalam kondisi aman, dimana rata-rata ketahanan stik per 16 April 2021, dimana untuk BBM mencapai 29 hari kedepan, sementara Avtur 52 hari.

“Rata-rata ketahanan stok ini menunjukkan, bahwa kami siap menyediakan kebutuhan energi masyarakat di Ramadhan,” ungkap Unit Manager Communication, Relations and CSR PT Pertamina Regional Papua Maluku, Edi Mangun dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat(16/4).

Selain memastikan ketahanan stok, Pertamina juga telah menyiapkan antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, hingga Hari Raya Idul Fitri.

Selain antisipasi kondisi di lapangan setiap harinya, juga dipantau oleh tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI), untuk memastikan stok dan antisipasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lapangan.

“Satgas RAFI akan menjalankan amanahnya sejak April hingga Mei 2021. Satgas kami akan pastikan ketersediaan energi aman sepanjang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H,” ucap Mangun.

Baca Juga: Kepsek SMK 3 Banda Dituntut 7 Tahun Penjara

Untuk mendukung layanan selama periode RAFI, maka orogram Pertamina mendistribusi dengan menyiagakan 21 fuel terminal dan 12 depot pengisian pesawat udara yang tersebar di Papua dan Kepulauan Maluku. Selain itu, 473 SPBU juga siap melayani seluruh kebutuhan masyarakat.

Meskipun dalam kondisi pandemi dan adanya larangan mudik, antisipasi tetap dilakukan, agar pelayanan dan kebutuhan energi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik. Pertamina juga terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait memastikan proses penyaluran BBM, LPG, dan Avtur berjalan dengan baik pula.

“Dengan demikian, program edukasi dan berbagi juga terus dilanjutkan. Program tersebut antara lain promo Perta Series dan Dex Series dengan aplikasi MyPertamina, program langit biru (PLB), Pertamina delivery service (PDS), dan promo pembelian produk lubricant,” tuturnya.

Untuk Program Berbagi, selain memastikan seluruh sarana fasilitas layanan Pertamina sudah terapkan protokol kesehatan, Pertamina juga membagikan masker gratis dan berikan bantuan untuk Masjid, Mushala, atau panti asuhan yang membutuhkannya.

Pertamina Call Center (PCC) 135 dan layanan sosial media juga akan selalu siap sedia melayani, sekaligus berbagi informasi mengenai seluruh layanan Pertamina. Dengan seluruh persiapan ini, masyarakat di Wilayah Papua Maluku tidak perlu khawatir, ketersediaan dan pelayanan energi.

“Mari kita lalui  bulan suci Ramadhan dengan penuh syukur. Bagi saudara-saudara Muslim di Tanah Papua dan Maluku , Pertamina sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa, tetap patuhi protokol kesehatan, semoga kita bisa jalankan puasa tahun ini dengan baik dan menggapai keberkahannya,” tandas Mangun.

Ia berharap, jika masyarakat memerlukan informasi ataupun bantuan layanan terkait produk dan layanan Pertamina selama masa Ramadhan dan Idul Fitri, silahkan dapat langsung menghubungi Pertamina Call Center 135. (S-51)