AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 106 orang calon taruna yang terdaftar pada penitia daerah Polda Maluku mengikuti proses seleksi Taruna Akpol tahun 2021.

Proses seleksi ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah, yang dipimpin Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri di Rupattama Mapolda Maluku, Jumat (16/4).

“Sumpah yang baru saja kita lakukan, adalah janji dan komitmen kita bersama dalam melaksanakan seleksi ini dengan bersih dan sesuai dengan aturan kepolisian yang kita kenal sebagai prinsip Betah, bersih akuntabel dan transparan,” ucap Kapolda dalam sambutannya.

Peserta yang dinyatakan lulus nanti kata Kapolda, akan kembali melakukan seleksi ditingkat pusat sebelum akhirnya mengikuti pendidikan selama empat bulan.

“Disini saya minta agar dapat ikuti semua item seleksi dengan baik, yang bisa meluluskan para peserta hanya diri sendiri, jika nilai phsikologi, kesamaptaan, akademik dan lainnya penuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan, maka pasti akan lolos mengikuti pendidikan Akpol,” ujarnya.

Baca Juga: Pertamina Jamin Stok BBM Aman di Bulan Ramadhan

Mantan Kakorlantas Polri ini juga  berpesan kepada panitia seleksi agar tidak melakukan penyimpangan serta diminta untuk tetap melaksanakan sesuai dengan sumpah dan janji yang diikrarkan.

“Kepada para panitia dan pengawas agar lakukan pengawasan dan semua seleksi dengan baik, karna kita sudah bersumpah dan berjanji. Olehnya itu sebagai orang yang waras dan sehat, hendaknya sumpah dan janji yang sudah kita lakukan saat ini wajib kita laksanakan,” pinta Kapolda.

Dalam kegiatan penandatangan pakta integritas, Kapolda didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, dan Karo SDM Kombes Muhammad Yusup, serta sejumlah PJU Polda Maluku.

Turut hadir panitia seleksi yang berasal dari Polda Maluku, pengawas eksternal dari LSM Tifa Damai Maluku, dan Disdukcapil Kota Ambon. (S-45)