AMBON, Siwalimanews – Guna meningkatkan pemahaman tentang netralitas TNI dalam Pemilu, personel Kodam XVI Pattimura mengikuti sosialisasi buku saku netralitas TNI dalam Pemilu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi itu berlangsung di Lobby Makodam, Kamis, (9/11). Kegiatan ini, juga diikuti oleh perwakilan personel Lantamal IX Ambon dan Lanud Pattimura.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen Syafrial PSC dalam amanat yang dibacakan Kasdam, mengucapkan selamat datang kepada tim sosialisasi dari Babinkum TNI.

Dijelaskan, setiap prajurit TNI dilarang berpolitik praktis ataupun terlibat dalam kegiatan partai politik.

“TNI memiliki aturan serta sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar Netralitas TNI,” kata Pangdam.

Baca Juga: Kapolres Ajak Insan Pers Wujudkan Pemilu Damai

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjutnya, sosialisasi ini diselengga­rakan guna menjelaskan berbagai aturan hukum yang berlaku bagi prajurit dan PNS TNI dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran.

Sementara itu, Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro dalam amanat yang dibacakan oleh Ketua Tim Sosialisasi Letkol Chk Sudirman mengatakan mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang berintegritas akan menjadi ujian bagi bangsa termasuk terhadap TNI.

“TNI merupakan garda terdepan dan benteng terakhir bangsa, memiliki peran sentral dalam menjaga keama­nan, ketertiban dalam kesuksesan penyelenggaraannya,” ingatnya.

Untuk itu perlu adanya pema­haman terkait aturan tentang Pemilu dan pilkada bagi prajurit TNI.

Adanya sosialisasi ini, lanjut Kababinkum TNI, diharapkan prajurit dan PNS TNI yang ada di wilayah Maluku dan Maluku Utara dapat menambah wawasan mengenai netralitas TNI dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan pilkada 2024

Acara dilanjutkan dengan, paparan Ketua Tim Sosialisasi mengenai buku netralitas TNI yang disimak secara seksama, oleh seluruh personil yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan itu Irdam XVI Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapok Sahli Pangdam XVI Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Kepala Oditur Militer (Ka Otmil) IV/19 Ambon Kolonel Sus R. Kurniadi, para asisten, kabalak dan dansat jajaran Kodam XVI Pattimura. (S-09)