AMBON, Siwalimanews – Untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan terkait kehumasan, maka personel Bidang Humas Polda Maluku dan polres jajaran mengikuti pelatihan fotografer dan videografer yang dipusatkan di Marina Hotel, Selasa (21/2).

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam sambutannya yang dibacakan Irwasda Kombes Jannus Parlindungan Siregar saat membuka pelatihan itu mengatakan, Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat agar terpeliharanya keamanan dalam negeri.

“Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, diperlukan kepercayaan masyarakat yang dapat dibangun melalui kegiatan pembentukan opini positif terhadap kinerja Polri umumnya dan Polda Maluku khususnya,” ujar kapolda.

Menurut kapolda, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat tentunya akan berdampak terhadap bidang pendokumentasian dan peliputan dalam bentuk foto dan video.

Penggunaan kamera foto maupun video dalam pembuatan suatu momen, dahulu memakai kamera analog, namun saat ini menggunakan DSLR atau kamera dengan kecanggihan yang menawarkan segala kemudahan.

Baca Juga: Pemprov Diminta Optimalkan Peran Panca Karya

“Perkembangan kecanggihan peralatan tersebut berimplikasi terhadap tuntutan kompetensi SDM Polri dalam penggunaan teknologi di bidang dokumentasi dan peliputan, oleh sebab itu kapolri sangat menginginkan peran dari Humas Polri tidak bisa setengah-setengah, sudah dicanangkan Humas memiliki peran yang sangat penting, untuk itu mereka akan dilatih dan memproduksi foto dan video yang tepat,” tadas kapolda.

Kapolda juga manyampaikan  apresiasi dan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada para narasumber dan tim kelompok kerja yang telah berupaya melaksanakan pelatihan ini.

“Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi anggota Polri, dengan harapan melalui pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan di bidang fotografi dan videografi,” harap kapolda

Sebelumnya Kabid Humas Kombes Roem Ohoirat dalam laporannya menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan sebagai sarana pembentukan SDM yang unggul dalam fungsi kehumasan, khususnya kemampuan dokumentasi dan peliputan berupa fotografi dan videografi, maupun pembuatan konten kreatif yang baik dari tingkat polda sampai polres jajaran.

Pelatihan ini, juga merupakan bentuk implementasi dari salah satu program prioritas kapolri, yakni Presisi (produktif responsibilitas, transparansi berkeadilan).

“Tujuannya untuk menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi untuk dijadikan sumberdaya manusia Polri yang unggul di era modern saat ini. Khususnya program 13 yaitu, pemantapan komunikasi publik, pelatihan fotografi dan videografi kehumasan Polda Maluku,” jelas Ohoirat.

Ohoirat mengaku kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan Polri dalam menghadapi tuntutan teknologi digital dengan kecanggihan peralatan yang berimplementasi terhadap tuntunan kompetensi SDM Polri dalam menggunakan teknologi di bidang dokumentasi dan peliputan.(S-10)