AMBON, Siwalimanews – Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon meraih penghargaan anugerah pesona Indonesia (API) award tahun 2022 dengan kategori kampung adat.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Event Daerah Kemenparekraf yang juga Penjabat Walikota Sabang, Reza Pahlevi kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Ridwan Hayat, Jumat (25/11) pekan lalu di Aceh.

Direktur Event Kemenparekraf dalam momen penyerahan penghargaan mengatakan, penghargaan tersebut adalah bukti, bahwa Pariwisata Kota Ambon terus berkembang dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Selamat bagi Negeri Rutong, Kota Ambon, ini membuktikan pariwisata Kota Ambon mampu bersaing dengan daerah lain,”ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Ridwan Hayat kepada Siwalimanews di Balai Kota, senin (28/11) kemarin mengatakan, penghargaan ini bukan semata-mata untuk Kota Ambon, tetapi sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras Negeri Rutong maupun seluruh masyarakat Kota Ambon yang telah mendukung Negeri Rutong dalam kategori kampung adat, sehingga mendapat penghargaan ini.

Baca Juga: Yermias Pastikan Seluruh Armada Laut Beroperasi Jelang Nataru

“Atas nama Pemerintah Kota Ambon, saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan seluruh masyarakat Kota Ambon, sehingga Kota Ambon lewat Negeri Rutong meraih juara I,” ucapnya.

Hayat mengaku, promosi pariwisata Kota Ambon melalui ajang bergengsi pariwisata nasional ini, telah diikuti selama 3 tahun berturut-turut, dengan prestasi-prestasi yang patut dibanggakan.

“Karena itu, saya mengajak semua elemen masyarakat Kota Ambon, untuk bersama-sama kita lestarikan budaya kita, yang menjadi ciri khas dan kebanggan kita bersama,” ajak Hayat.

Selain penghargaan API AWARD 2022, pada malam puncak itu, Kota Ambon juga menerima piagam Hak Kekayaan Komunal untuk Tari Tali Rutong dari Kementerian Hukum dan HAM RI, yang diserahkan langsung oleh Meurah Budiman sebagai Kakanwil Kemenkumham Aceh kepada Raja Negeri Rutong Reza Maspaitella.

Atas segala prestasi Kota Ambon pada ajang tersebut, maka Kota Ambon terpilih menjadi tuan rumah malam puncak API Award tahun 2023 mendatang. Untuk itu Hayat berharap semua elemen masyarakat dapat mendukung suksesnya acara yang akan digelar tahun depan tersebut.

“Dengan terpilihnya Kota Ambon sebagai tuan rumah API Award 2023, saya harapkan pemerintah, masyarakat maupun para mitra pariwisata dapat berkolaborasi dengan baik untuk memajukan pariwisata Kota Ambon agar siap menyambut tamu yang akan berdatangan pada ajang tersebut,” pintanya.(S-25)