AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mengenalkan kegiatan olahraga perairan sebagai bentuk penguatan potensi maritim, maka Danlantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsian mengajak jurnalis  untuk latihan menyelam.

Latihan yang berlangsung di kolam renang Tirto Sagoro 11 Lantamal IX di Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Rabu (22/2) yang diikuti oleh 11 jurnalis itu, juga dihadiri oleh para pejabat utama Lantamal IX, kasatker dan para perwira serta Babinpotmar Lantamal IX,

Latihan dibawa instruktur profesional yang telah berlisensi internasional dari TNI Angkatan Laut, Pelda TTU Samsul Bahri itu para peserta mengawalinya dengan diperkenalkan dengan peralatan menyelam.

Bukan hanya itu, teknis-teknis dasar menyelam seperti equitmant atau perlengkapan selam dan cara penggunaannya, bagaimana proses pernafasan dibawah air, daya apung tubuh dan alat, tekanan di bawah air, falsafah atau equalisasi penyelaman, cara mengantisipsi tekanan bawah air dengan tubuh serta pengenalan biota laut terkait alam ataupun hewan yang perlu diwaspadai di bawah air semuanya diajari.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon, Brigjen Said Latuconsina pada kesempatan itu mengatakan, ini merupakan pelatihan dasar dari menyelam, namun meski demikian, peserta harus siap, baik secara mental maupun fisik.

Baca Juga: TPID Tanimbar Pantau Stok dan Harga Pangan

“Kelihatannya sederhana sekali, tapi apabila kita salah menggunakan, bisa berakibat fatal. Jadi jangan main-main, karena ini menyangkut keamanan dan keselamatan bersama,” ujarnya.

Danlantamal mengaku, Maluku memiliki banyak spot menyelam, namun sangat disayangkan sebagai anak Maluku, hanya bisa mendengar cerita dan tidak melakukannya.

“Instruktur kita ini internasional. Saya juga berterima kasih kepada kawan-kawan media yang sudah berpartisipasi untuk sama-sama latihan dalam meningkatkan skill kita di bidang menyelam ini. Instruktur dengan kemampuan melatih, dengan jam terbang yang tinggi, sehingga ini kesempatan yang langkah, ini kita awali dari rekan-rekan media dan akan memotivasi yang lain juga,” ujar Danlantamal.(S-25)