AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Fauzan Husni Alkatiri, mendesak pemerintah pusat untuk dapat memperhatikan talud pengamanan pantai yanga ada di seuruh pesisir di provinsi ini.

Pasalnya, anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat untuk Maluku tak seimbang dengan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat, apalagi wilayah Maluku merupakan daerah kepulauan.

“Kita ini kepulauan, potensi tsunami tinggi tapi di Balai Sungai anggaran untuk pengamanan pantai sangat sedikit sekali,” ujar Alkatiri kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (21/1).

Menurutnya, Provinsi Maluku termasuk dalam kategori rawan bencana gempa dan tsunami, maka harus ada perhatian serius dari pemerintah pusat dengan mengalokasi anggaran yang difokuskan untuk pembangunan hal tersebut.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir korban akibat bencana alam gempa dan tsunami, sehingga harus ada komitmen dari pemerintah pusat termasuk juga pemerintah daerah.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Buka Keterisolasian di Elpaputih

“Seakan-akan itu tidak pernah digubris. Kenapa saya bilang begitu karena proses pembangunan juga berjalan biasa saja. Saya sampaikan kepala BPJN dan Cipta karya, kita masih punya PR,” tandasnya.(S-20)