AMBON, Siwalimanews – Menyikapi cuaca ekstrim dan hujan lebat yang terus berkepanjangan mulai melanda sejumlah wilayah di Maluku, maka Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif  mengerahkan dan menyiagakan personel Polda Maluku maupun Polres jajaran untuk membantu warga yang terdampak, seperti bencana banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang.

Jenderal dengan dua bintang di pundaknya ini juga, menghimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitas.

“Terkait dengan situasi dan kondisi cuaca saat ini, kami mengimbau warga agar perlu diantisipasi. Saat ini sudah ada daerah yang terdampak,” ujar kapolda dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Sabtu (3/6).

Kepada warga yang mendiami wilayah bantaran sungai, lereng-lereng gunung dan wilayah rawan lainnya, kapolda meminta agar selalu waspada dengan kondisi alam yang mulai tidak menentu.

“Polda dan Polres jajaran selalu siagakan personel dan peralatan serta koordinasi dengan BPBD dan Basarnas untuk langkah antisipasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Beli Ganja, Souisa Dituntut 7,10 Bulan Penjara

Kapolda juga meminta, setiap kapolsek dan bhabinkamtibmas, agar senantiasa melakukan monitoring dan mengecek situasi dan kondisi di wilayah tugas masing-masing.

“Para kapolsek dan bhabinkamtibmas agar cek dan monitoring wilayah masing-masing serta himbau masyarakat untuk waspada, khususnya daerah yang terdampak banjir dan longsor terutama di malam hari,” pinta kapolda.

Selain itu, kapolda juga minta kepada jajarannya, agar dapat membuka layanan hotline 110 maupun layanan-layanan masyarakat lainnya.

“Meski libur panjang Polri tetap siaga bencana dan selalu menjaga kamtimbas di wilayah Maluku,” tandas kapolda.(S-10)