AMBON, Siwalimanews – Personel Bidang Humas Polda maluku dilatih keterampilannya dalam mengambil gambar maupun video, Selasa (21/2)

Pelatihan yang dipusatkan di salah satu hotel di Kota Ambon Ini bselangsung selama tiga hari dibuka oleh Kabid Humas Kombes Roem Ohoirat mewakili Kapolda Maluku.

Kabid Humas mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan sebagai sarana pembentukan sumber daya manusia yang unggul dalam fungsi kehumasan.

“Khususnya kemampuan dokumentasi dan peliputan berupa fotografi dan videografi, maupun pembuatan konten kreatif yang baik dari tingkat Polda sampai Polres jajaran,” ujarnya.

Pelatihan ini, katanya, juga merupakan bentuk implementasi dari salah satu program prioritas Kapolri yakni Presisi (produktif responsibilitas, transparansi berkeadilan). “Tujuannya untuk menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi untuk dijadikan sumberdaya manusia Polri yang unggul di Era modern saat ini. Khususnya program 13 yaitu pemantapan komunikasi publik pelatihan foto­-grafi dan videografi kehu­masan Polda Maluku,”jelas Ohoirat.

Baca Juga: Didemo Mahasiswa, Bupati Buru Janji Bayar TPP ASN

Dirinya mengaku kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan Polri dalam menghadapi tuntutan teknologi digital dengan kecanggihan peralatan, berimple­mentasi terhadap tuntunan kom­-petensi sumberdaya manusia Polri dalam menggunakan teknologi di bidang dokumentasi dan peliputan.

“Adapun peserta yang hadir saat ini yaitu satker Polda, Polres jajaran dan pengurus Bhayangkari Daerah Maluku. Pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21 sampai dengan 23 Februari 2023,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam sambutan­nya yang dibacakan Irwasda Malu­-ku Jannus Parlindungan Siregar, mengatakan, Kepolisian Negara Indonesia adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keama­nan, penegak hukum serta membe­rikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, diperlukan kepercayaan masyarakat yang dapat dibangun melalui kegiatan pembentukan opini positif terhadap kinerja Polri umumnya dan Polda Maluku khususnya,” pungkas Kapolda.

Kapolda mengatakan, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, Kapolda mengaku akan berdampak terhadap bidang pendokumen­tasian dan peliputan dalam bentuk foto dan video. (S-10)