AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mengenalkan kegiatan olahraga perairan sebagai bentuk penguatan potensi maritim, Lantamal IX Ambon memberikan pelatihan menyelam kepada para wartawan.

Kegiatan yang berlangsung di kolam renang Tirto Sagoro 11 Lantamal IX yang berlokasi di Halong, Rabu (22/2) dihadiri oleh para Pejabat Utama, Kasatker dan para Perwira serta Babinpotmar Lantamal IX,

Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 11 Wartawan di Maluku, dengan instruktur profesional yang telah berlisensi Internasional dari Angkatan Laut, Pelda TTU Samsul Bahri.

Sebelum dimulai, para wartawan dikenalkan dengan alat-alat menyelam, dan juga diajari teknis-teknis dasar menyelam seperti equitmant atau perlengkapan selam dan cara penggunaannya, bagaimana proses pernafasan dibawah air, daya apung tubuh dan alat, tekanan di bawah air, falsafah atau equalisasi penyelaman, cara mengantisipsi tekanan bawah air dengan tubuh serta pengenalan biota laut terkait alam ataupun hewan yang perlu diwaspadai di bawah air.

Terkait kegiatan dimaksud, Danlantamal IX, Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina mengatakan, ini merupakan pelatihan dasar dari menyelam, Namun meski demikian, peserta harus siap, baik secara mental maupun fisik. “Kelihatannya sederhana sekali, tapi apabila kita salah menggunakan, bisa berakibat fatal. Jadi jangan main-main, karena menyangkut keamanan dan keselamatan bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa Demo Desak Jaksa Periksa Pj Bupati Buru

Dia menambahkan, bahwa di Maluku banyak sekali spot-spot menyelam, namun sayang sekali, kalau selaku anak Maluku, hanya bisa mendengar cerita dan tidak melakukannya.

“Saya juga berterima kasih kepada kawan-kawan media yang sudah berpartisipasi untuk sama-sama latihan dalam meningkatkan skil kita dibidang menyelam ini, ujarnya.

Instruktur dengan kemampuan melatih menurutnya dengan jam terbang yang tinggi, sehingga ini kesempatan yang langkah. Dengan ini kita awal dari rekan-rekan media dan akan memo­tivasi yang lain juga. (S-25)