NAMROLE, Siwalimanews – Patut dicontoh, Pemerintah Desa Leku, Kecamatan Namrole, Buru Selatan mengucurkan anggaran untuk mengadalan perahu (kole-kole) bagi nelayannya.

Anehnya Pemerintah Kabupaten Bursel dibawa pimpinan Bupati Safitri Malik Soulis dan Wabup Gerson Eliaser Selsily tidak mampu membeli kole-kole bagi nelayan Desa Leku.

Pengadaan kole-kole diambil dari Dana Desa tahun anggaran 2023 kepada 12 kelompok nela­-yan di Desa Leku, yang unitnya telah diserahkan,” Sabtu (3/6).

“Kemarin kami membagikan 12 unit kole-kole untuk warga yang berprofesi sebagai nelayan,” kata Penjabat Kepala Desa, Usman Bahta kepada wartawan, Sabtu (3/6).

Menurutnya, di tahap pertama pihaknya berhasil membeli 12 unit kole-kole dan rencana kedepan pengadaan unit yang sama akan ditambah.

Baca Juga: Maluku Diguncang Gempa 6,0 SR

“Pemdes berencana memberikan penambahan (kole-kole) ke beberapa kelompok nelayan yang belum sempat mendapat bagian,” terangnya.

Program ini tentunya menjadi sebuh strategi bagi Pemdes Leku dalam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

Lebih jauh ia menjelaskan, hasil dari program bagi-bagi kole-kole sudah kelihatan karena masyarakat sudah bisa melakukan aktivitas di laut.

“Masyarakat sudah menikmati manfaatnya. Kemarin setelah dibagikan, ada yang langsung melaut dan mendapatkan hasil. Saya juga sempat diberikan hasil oleh beberapa nelayan,” katanya.

Ia berharap, bagi kelompok nelayan yang belum kebagian dapat bersabar untuk tahap selanjutnya.

“Masyarakat yang belum dapat harap bersabar. Kami berusaha bagi yang belum,” ujarnya. (S-16)