DALAM rangka memperingati Hari Bhakti PU ke-77 Tahun 2022, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Tengah (Malteng) turut menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan Hari Bhakti PU ke-77 tahun 2022 tersebut terdiri dari perlombaan, balap Sepada BMX tingkat SD, mancing mania tingkat umum, dan lomba mewarnai tingkat Paud dan SD.

Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Rawa Kodok Kelurahan Ampera, jumat sore (3/12) itu,ber­langsung meriah.

Lomba balap sepeda dan mancing mania berlangsung dilokasi kegia­tan, sementara lomba mewarnai,  dilaksanakan di Kantor Dinas PUPR Malteng.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Moh. Havid Latuconsina yang menyampaikan sejarah singkat Hari Bhakti (Harbak) PUPR mengatakan, peringatan Hari Bhakti (Harbak) ke-77 yang dilaksanakan setiap tanggal 3 Desember, untuk mengenang sejarah peristiwa 3 Desember 1945, yakni pertempuran di Gedung Van Verkeer En Waterstaat yang saat ini dikenal sebagai Gedung Sate Bandung.

Baca Juga: Penjabat Bupati Minta Umat Harus Terus Bertumbuh

Pada 3 Desember 1945 saat itu Ge­dung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh 21 orang pemuda atau petugas dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum.

Untuk mempertahankan Gedung Sate Bandung yang kala itu me­rupakan kantor Pusat Departe­men Pekerjaan Umum pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada pertempuran itu, tercatat sebanyak 7 orang pegawai PU gugur dalam peristiwa tersebut dan jenazah mereka tidak ditemukan sampai sekarang.

Peristiwa 3 Desember 1945 itu telah tercatat dalam sejarah perjua­ngan bangsa, dan sejarah perkem­bangan Pekerjaan Umum pada khususnya.

“Hingga kini, peristiwa tersebut terus dikenang dan diperingati sebagai Hari Kebaktian Pekerjaan Umum setiap 3 Desember,” kata Latuconsina.

Tidak hanya itu,  PUPR Malteng juga  memberikan penghargaan ke­pada para pensiunan. Penghargaan diberikan  itu merupakan tanda terima kasih kepada para purna bakti PUPR.

Penjabat Bupati Maluku Tengah yang diwakili Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, DR. Aidjarang Watiheluw kemudian membuka secara resmi sejumlah lom­ba yang digelar PUPR Maluku Tengah.

Melalui sambutan Penjabat Bupati yang dibacakan Wattiheluw bahwa Ia turut mengapresiasi kerja-kerja Dinas PUPR Maluku Tengah yang miliki kontribusi besar dalam membangun Kabupaten berjuluk Pamahanunusa itu.

“Terutama dari sisi penyediaan infrastruktur. Olehnya itu, kami dan warga Maluku Tengah mengapre­siasi keberadaan PUPR. Kedepan PU selalu memberikan kontribusi dan selalu berinovasi menciptakan in­frastruktur yang lebih baik,” ujar­nya.

Hadir pada kesempatan itu,  Pen­jabat Bupati Malteng Muhamat Marasabessy,  yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Pemerin­tahan, Politik dan Hukum, Aidjarang Watiheluw,  Penjabat Ketua TP PKK Malteng Bela Marasabessy,  Ang­gota DPRD Malteng, Kepala Dinas PUPR Malteng Hasan Firdaus dan sejumlah Pimpinan OPD Maluku Tengah.(S-17)