KEBERHASILAN kontingen Kabupaten Maluku tengah (Malteng) pada pekan olahraga Maluku (Popmal) IV tahun 2022, diapresiasi Pemerintah kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu. Alhasil penjabat bupati Muhamat Marasabessy mengaku bangga. Sebab, ditangannyalah Malteng mampu memecah rekor baru sebagai juara umum kedua dengan mengoleksi 62 Medali.

Mengapresiasinya pemerintah kemudian mengucurkan dana segar sebesar 250 juta rupiah,sebagai bonus atas perjuangan para atlit yang mengharumkan nama daerah pada kanca bergensi di tingkat provinsi Maluku.

“Saya bangga dengan hasil yang diraih atlet-atlet kita. KONI kita baru terbentuk, waktu yang minim membuat persiapan atlet-atlet kita tak maksimal, tapi hasil luar biasa, saya senang. Olehnya itu saya putuskan beri total Rp250 juta kepada atlet yang meraih medali,” ujar Marasabessy saat menyambut kepulangan kontingen Maluku Tengah usai berlaga di POPMAL IV di Ambon,Senin (28/11).

Marasabessy memberikan bonus bagi seluruh atlit yang meraih prestasi dengan nilai fariatif. Kedis PU Maluku inipun mengklaim bonus yang diberikan Malteng lebih besar dari sejumlah daerah Kabupaten lain di Maluku.

“Untuk itu, atlet perorangan yang meraih medali emas saya berikan bonus Rp 5 juta dan ini terbesar dari Kabupaten Kota lainnya, saya sudah cek. Kemudian atlet perorangan peraih medali perak mendapat Rp 3 juta dan perunggu saya berikan Rp2,5 juta,” imbuh Marasabessy di Baileo Ir. Soekarno Masohi.

Baca Juga: Penjabat Bupati Minta Umat Harus Terus Bertumbuh

Sementara itu, para atlet yang tergabung dalam tim Cabang Olahraga beregu yang meraih medali juga mendapat bonus. Tim atlet E-SPORTS yang raih medali emas misalnya, Marasabessy beri bonus Rp18 juta. Sementara atlet tim voli yang raih medali perak mendapat total Rp24 juta.

“Begitu juga tim atlet putra Cabang Olahraga lari estavet peraih medali emas saya berikan Rp12 juta dan tim atlet putri Cabang Olahraga lari estavet peraih medali perak saya berikan bonus Rp 8 juta,” tandas Pj Bupati.

Tidak hanya para atlet peraih medali, para official, coach dan pelatih satgas seperti tenaga medis yang turut mendampingi atlet bertanding di pekan olahraga multi ivent itu, juga mendapat bonus.

Marasabessy yang juga ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Maluku Tengah itu memberikan apresiasi tinggi kepada Ketua Harian dan Sekretaris KONI Maluku Tengah, Djar Wattiheluw dan Nova Anakotta yang turut mensukseskan Maluku Tengah di ajang POPMAL IV.

“Untuk ketua Harian dan Sekretaris KONI saya berikan penghargaan dan apresiasi sudah dengan gigih kawal, dan beri bimbingan kepada atlet-atlet kita bertanding di Ambon, terima kasih. Terima kasih juga kepada Official, tenaga medis dan juga Pers yang ikut dampingi atlet-atlet kita,” kata Pj Bupati Maluku Tengah.

“Untuk membina cabang olahraga kepada KONI Malteng kami dorong dana operasional sebesar 700 juta rupiah. Kedepan akan kita tambah dan kita dorong lagi.muda mudahan pada pekan olahraga berikutnya kita akan memboyong semua cabang olahraga agar hasil maksimal dengan meraih juara umum dapat kita peroleh”Ujarnya.

Dia menegaskan, Maluku Tengah telah siap membenahi semua infrastruktur olahraga yang ada di Masohi,sehingga jika dimungkinkan,Malteng siap menjadi tuan ruma Popmal V nanti.

“Kota siap menjadi tuan rumah Popmal V,karenanya semua prasarana pendukung akan kita benahi. Karennya adik adikku para atlit maupun pelatih teruslah berlatih,mengasah kemampuan agar kita senantiasa siap mempersembahkan yang terbaik bagi daerah dan masyarakat Malteng,”tutupnya.(S-17)