BUPATI Seram Bagian Timur, Maluku, Abdul Mukti Keliobas menyampaikan harapannya di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022 yang diperingati, Jumat (13/5).

Keliobas berharap Hardiknas menjadi momentum yang dapat memotivasi guru dan stakeholder pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur untuk terus berkerja dan berkarya memajukan pendidikan di daerah ini.

“Guru memiliki peran yang strategis dalam mendukung pengembangan pendidikan,” ujarnya.

Bupati berharap Dinas Pendidikan sebagai leading sektor pendidikan harus terus berupaya meningkatkan kapasitas guru agar lebih terampil dalam mendidik anak bangsa di daerah ini.

“Kami berharap dinas pendidikan kedepan harus memiliki kreasi yang jelas dalam rangka bagaimana mendorong mutu pendidikan Seram Bagian Timur dari hari ke hari lebih baik lagi,” harapnya usai memimpin upacara Hardiknas 2022 di halaman kantor dinas pendidikan setempat.

Baca Juga: Lelang Jabatan Tinggi Pratama Segera Digelar

Keliobas mengatakan,  jika kekurangan guru masih menjadi masalah dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Kendati demikian Keliobas mengatakan,  pemerintah daerah akan mempertimbangkan upaya untuk mengatasi kekurangan guru di kabupaten Seram Bagian Timur, salah satunya melalui kebijakan pengangkatan guru tidak tetap atau kontrak.

“Saat ini memang berkembang rumor bahwa akan ada kebijakan pembatasan pegawai honorer pada 2023,” katanya.

Namun diharapkan hal itu tidak jadi dilaksanakan sehingga pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan pengangkatan guru kontrak untuk memenuhi kebutuhan guru di kabupaten Seram Bagian Timur.

“Saat ini pemerintah daerah tidak bisa mengandalkan pengangkatan guru dari jalur  seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini karena kuota PPPK yang diberikan tidak sesuai kebutuhan serta masalah sistem seleksi,” jelasnya.

Dikatakan, pengangkatan PPPK dilakukan melalui sistem seleksi secara online sehingga tidak memberikan jaminan bagi semua kuota guru yang disediakan dapat terpenuhi.

Keliobas pun berharap Dinas Pendidikan dapat mendata sebaran guru di kabupaten Seram Bagian Timur agar diketahui secara pasti kekurangan yang terjadi di setiap sekolah.

“Kami berharap Dinas Pendidikan kedepan memiliki program untuk mengisi kekurangan guru di semua sekolah, makanya data base dinas pendidikan terhadap sebaran guru pada setiap sekolah harus jelas sehingga tenaga guru nanti kita berikan paling tidak guru honor dan lain,” katanya.

Peringatan Hardiknas 2022 di kabupaten Seram Bagian Timur digelar secara sederhana, namun penuh khidmat.(S-08)