PERINGATAN hari Ibu ke 94 tahun di Tahun 2022 dilaksanakan juga oleh kaum Ibu di Kabupaten Maluku Tengah, kegiatan yang berlangsung Senin (19/12), bertempat di Baileo Ir.Soekarno Pandopo Bupati Masohi.

Peringatan hari ibu ini memberikan nuansa ceria dan elegan ketika semua undangan dan hadirin yang hadir khususnya ibu-ibu menggunakan busana kebaya. dan mendapat apresiasi penuh oleh Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Maluku Tengah ketika membacakan sambutan Penjabat Bupati Maluku Tengah pada acara tersebut. Mengawali sambutannya Asisten I Sekda Kabupaten Malteng, Silviana Mattemu me­-ngu­capkan selamat memperingati Hari Ibu Ke-94 bagi seluruh kaum Ibu di Kabupaten Maluku Tengah.

Ia pun mengapresiasi kegiatan Kampanye Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang juga telah dilaksanakan dalam rangka menyongsong peringatan Hari Ibu.

“Perempuan dan anak merupakan komponen bangsa yang sangat berharga, sama   berhar­ganya dengan kaum laki-laki. Untuk itu hendaknya pember­dayaan dan perlindungan masya­rakat secara menyeluruh harus digalakkan, sehingga paradigma  masyarakat atas kesetaraan gender harus senantiasa diluruskan, sehi­-ngga tercipta masyarakat yang saling menghargai dan menghor­mati, yang diharapkan berimplikasi terhadap menurunnya kekerasan terhadap perempuan dan anak,’ ujarnya.

Dikatakam, hari Ibu yang  diperi­-ngati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan, atas perjua­ngan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Tanggal ini dipilih untuk menghor­mati Kong­res Pe­-rem­puan I di  Yogyakarta pada tahun 1928, yang merupakan awal bangkitnya gerakan perempuan Indonesia. Maka dari itu, Peri­ngatan Hari Ibu di Indonesia  bukanlah Mother’s Day, melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan   setara kedudukannya.

Baca Juga: Penjabat Bupati Serius Pantau Penanganan Pemulangan Warga Kariu

“Kedepan diharapkan peringatan Hari Ibu ini dijadikan sebagai momen penting untuk mendorong semua pe­mangku kepentingan guna mem­berikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pemba­ngu­nan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar bahwa pe­rempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengem­bangkan segala potensi dan kemam­puan sebagai agen penggerak (agent of change),” jelasnya.

Beliaupun berpesan melalui Peri­ngatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 ini, kiranya dapat memberi­kan berba­gai kemajuan yang berha­sil diraih oleh perempuan, sekali­gus meng­ingat bahwa perjuangan masih pan­jang dan harus terus dilanjutkan.

Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Bella Marasabessy dalam sambu­tannya mengatakan, dua peringa­tan besar di akhir tahun ini tentu­-nya men­jadi sarana yang tepat untuk kampanye pengha­pusan segala je­nis kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Maluku Tengah.

“Saya berharap kiranya peran serta lintas sektoral dalam upaya pen­cegahan dan penanganan kasus kekerasan perlu dimaksimalkan. Dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak agar  dapat menjadi sarana sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat untuk menghentikan segala tindak kekerasan, khususnya terhadap perempuan dan anak,” pintanya.

Selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, dirnya mengimbau kepada para ibu untuk terus meningkatkan perannya dalam berbagai bidang demi kemajuan dan kesejahteraan keluarga dan siap berkontribusi bagi daerah, bangsa dan negara.

Peringatan Hari Ibu ini pun dira­yakan dengan pemotongan tum­peng sebagai rasa bahagia. Hadir pada acara peringatan hari Ibu ke 94 ini, Asisten I Sekda Maluku Tengah, Ketua dan Pengurus TP PKK Ka­bupaten Maluku Tengah, Undangan dan Ibu-ibu Dharma Wanita Per­satuan Kabupaten Maluku Tengah dengan menggunakan Busana Kebaya. (S-17)