PEMERINTAH Kabupaten Maluku Tengah terus berbenah dalam rangka memenuhi kebutuhan warga kariu yang akan dilakukan secara bertahap.

Koordinator Tim Penanganan Pemulangan Warga Kariu Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah Rakib Sahubawa, Jumat (23/12) memantau secara langsung penanganan pemulangan warga Kariu, didampingi oleh OPD yang berkaitan langsung dengan penanganan pemulangan warga Kariu menyiapkan sarana dan prasarana serta pelayanan kepada warga masyarakat kariu yang saat ini telah berada di Negeri Kariu.

Pelayanan Kesehatan terus dilakukan melalui pembukaan tempat pelayanan di berpusat di dekat Gedung Gereja Ebenhaezer Kariu, sejak pagi hingga saat ini pelayanan Kesehatan dilakukan terhadap warga kariu maupun personil TNI POLRI yang bertugas di Negeri Kariu; Pemenuhan kebutuhan anak-anak balita juga menjadi perhatian Tim Penanganan Pemulangan Warga kariu dengan menyediakan 118 dos SUN (makanan).

Penyediaan air bersih juga diupayakan oleh Tim Pemulangan Warga Kariu guna memenuhi kebutuhan air bersih warga kariu, hari ini dilakukan pemasanmgan Mesin pompa air, Tanki Penampungan serta pembuatan jaringan air pada tiga titik lokasi di Negeri Kariu yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kabupaten Maluku Tengah; disamping itu dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih disediakan juga mobil tanki air untuk melayani kebutuhan warga terhadap air bersih.

Koordinator Tim Penanganan Pemulangan Warga Kariu hari ini juga melanjutkan koordinasi bapak Penjabat Bupati Maluku Tengah dengan PLN Cabang Ambon dan PLN Ranting Pulau Haruku guna penyambungan jaringan listrik dan pemasangan lampu warga dan lampu jalan di Negeri Kariu.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu ke-94 Bernuansa Kebaya

“Hari ini juga PLN Ranting Pulau Haruku telah melakukan penambahan daya di Gedung Gereja Ebenhaezer serta penyambungan jaringan listrik di Pastori Jemaat GPM Kariu,” ujar Sahubawa.

Koordinator tim pemulangan warga Kariu bersama OPD juga melakukan survei lokasi yang nantinya akan dibersihkan dan pemasangan tenda keluarga kepada warga masyarakat Negeri Kariu.

Perlu diinformasikan juga bahwa hari ini telah tiba di Kota Ambon, bantuan dari Kementrian Sosial Republik In donesia berupa 100 lembar selimut, 100 lembar kasur dan 100 unit tenda keluarga sesuai permintaan bapak Pj. Bupati Maluku Tengah dalam rangka pemenuhan kebutuhan warga kariu akan perumahan sambal menunggu pembangunan rumah layak huni.

Diharapkan semua bantuan dari Kementrian Sosial tersebut sudah berada di Negeri Kariu.

“Pemerintah Daerah Kabupa­ten Maluku Tengah dalam hal ini Penjabat Bupati berharap kiranya upaya ini ini bisa berjalan dengan baik,” cetus Sahubawa. (S-17)