AMBON, Siwalimanews – Pelaksanaan vaksin massal dalam rangka HUT Polri yang ke-75  sekaligus penanganan program pe­merintah yang menargetkan satu juta dosis  vaksinasi Covid-19 perhari se­cara nasional di Kabupaten Malu­ku Barat Daya dilaksanakan, Sabtu (26/6).

Kegiatan yang digagas oleh Pol­res Maluku Barat Daya ini dihadiri oleh Bupati Maluku Barat Daya Be­nyamin Thomas S.T, Wakil  Bupati  Maluku Barat Daya Drs. Agustinus L. Kilikily,M.Si, forkopimda, sekda MBD, pimpinan OPD dan kepala desa, tokoh agama, tokoh masyara­kat dan masyarakat penerima vaksin.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi kegiatan serbuan vak­sinasi yang terlaksana atas kerja sama TNI/Polri dalam rangka per­cepatan peningkatan cakupan vak­sin untuk mencapai herd imunitty, dengan  pembagian 40 persen dilak­sanakan TNI/Polri dan 60 persen oleh Kementerian Kesehatan melalui pemerintah daerah.

Kapolres MBD AKBP Dwi Bactiar Rivai dalam sambutan menyam­paikan harapannya agar semua masyarakat dapat mengambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan vaksi­nasi ini untuk menuju Indonesia sehat.

“Sasaran vaksin di Kabupaten Ma­luku Barat Daya, sebanyak 55. 862 orang, dengan rincian SDMK 1.016 orang, Lansia 7.699 orang, pelayan publik 6.911 orang, masyarakat rentan 17.799 orang, pelaku ekonomi 22.457 orang. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Sementara untuk anggota TNI, vaksin yang diberikan adalah vaksin Astrazeneca,” jelasnya.

Baca Juga: Pembinaan 10 Program Pokok PKK Sasar Kisar Utara

Ditempat yang sama, Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas S.T mengatakan Covid-19 masih mengancam semua negara dan kehidupan  termasuk Indonesia.

“Satu-satunya cara adalah harus melaksanakan vaksinasi, untuk itu saya berharap semua masyarakat dapat mengambil bagian dan menyukseskan program vaksinasi di MBD sehingga program ini dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil 100 persen,” kata Noach.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat jangan termakan dengan informasi-informasi yang tidak benar dan tidak bertanggung jawab atau Hoax tentang vaksin.

Pos pelayanan vaksin di Kabupaten MBD, berjumlah 22 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh kecamatan, yang terdiri dari 21 puskesmas dan 1 RSUD. Masing-masing faskes memiliki 1 tim vaksin.

Untuk kegiatan yang dilakukan pada Sabtu (26/6), kata Noach dilakukan di 8 faskes pelaksanaan dengan target 457 dosis yaitu RSUD Tiakur dan Puskesmas Tiakur (yang bergabung di lapangan apel Mapolres), Puskesmas Werwaru, Weet, Sera, Serwaru, Wonreli, dan Puskesmas Lebelau, dengan target masing-masing faskes 60 dosis.

Untuk diketahui vaksinasi berjalan dengan sukses. Animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi.

Ketersediaan Vaksin sangat terbatas, sehingga banyak masyarakat yang gagal mengikuti vaksinasi dan akan dilanjutkan pada Rabu (30/6).

Hasil koordinasi terakhir dengan pihak ketiga yang bertugas mendistribusi vaksin Covid-19 sebanyak 2.400 dosis akan dikirim dari Manado ke Ambon. (S-39)