Masyarakat di Desa Luang Barat, Kecamatan Mndon Hiera, Kabupaten Maluku Barat Daya, akhirnya dapat menikmati sumber air minum.  Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Luang direncanakan dapat mengaliri dua desa di Pulau Luang yakni Desa Luang Barat dan Desa Luang Timur namun terbatasnya anggaran maka SPAM Luang baru dapat dirasakan oleh seluruh rumah di  Desa Luang Timur dan hanya beberapa masyarakat di Desa Luang Barat.

Walaupun air yang ada dirasakan payau oleh masyarakat namun masyarakat Pulau Luang  sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah karena bisa menikmati air bersih di rumahnya masing-masing.

Dijelaskan oleh Pihak Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perumahan Rakyat bahwa SPAM ini berasal dari dua sumur bor yang terletak di Desa Luang Timur, kedalaman seharusnya adalah 30 m namun karena debit airnya yang kecil maka kedalaman sumur ini hanya berkisar di kedalaman 10 m.

“Kami berharap masyarakat bisa menikmati air bersih ini bahkan bisa menjaganya, mengingat debit airnya yang kecil maka kedalaman sumur ini hanya berkisar di kedalaman 10 m,” katanya. (S-08)