PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy, Kamis (22/12), kembali meninjau langsung penanganan pemulangan Warga Kariu yang telah pulang ke Negeri Kariu yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Daerah Maluku melalui Tim Penanganan Pemulangan Warga Kariu.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh OPD terkait sehubungan dengan penanganan pemulangan warga Kariu. Pembersihan lahan pekarangan oleh Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan masyarakat setempat; pemeriksaan Kesehatan yang di fasilitasi langsung oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Pelauw untuk warga Kariu yang telah kembali; distribusi 2,66 Ton beras ukuran 10 Kg kepada warga Kariu yang masih berada di Aboru sebanyak 266 Kepala Keluarga oleh Dinas Tanaman Pangan; Distribusi makanan dan minuman kepada warga Kariu baik yang berada di Kariu maupun yang masih berada di Aboru oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Maluku Tengah; sedangkan Dinas Sosial Kabupaten Maluku Tengah melakukan finalisasi pembayaran BLT untuk Negeri Pelauw, Dusun Ory dan pembayaran untuk 84 KK yang telah kembali ke Kariu; evaluasi kebutuhan logistic dapur umum; koordinasi persiapan distribusi penyaluran bantua dari Kemensos RI; Dinas PUPR Kabupaten Maluku Tengah menyelesaikan tower air kedua dari 4 tower yang direncanakan.

Disela-sela aktivitas Bapak Penjabat Bupati Maluku Tengah di Kariu tersebut, beliau sempat menerima kunjungan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, bersama Pangdam yang diwakili Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang; Aster XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya; Wadantamal IX/Ambon; para petinggi Polda Maluku; Kapolresta Ambon serta Dandim 1504.

Dalam kunjungan tersebut Ka­polda Maluku dan Rombongan ber­kesempatan melakukan pertemuan dengan Penjabat Bupati Maluku Tengah dan Masyarakat Kariu yang berada di Kariu hadir juga Ketua dan Sekretaris Sinode GPM. Dihadapan warga Kariu yang telah Kembali Ka­polda Maluku menjelaskan bahwa; kunjungan terhadap masyarakat Kariu merupakan bentuk perhatian dan kepedulian dari TNI dan Polri.

Setelah menghadiri pertemuan dengan Kapolda Maluku dan Rom­bongan serta Ketua Sinode GPM, Penjabat Bupati Maluku Tengah me­lakukan evaluasi progress penanga­nan pemulangan warga Kariu de­ngan Tim Pemulangan warga Kariu yang terdiri dari seluruh OPD yang terlibat langsung dengan proses pe­mulangan warga Kariu, Penjabat Bupati Maluku Tengah berharap se­bentar suasana Natal sudah harus Nampak di Negeri Kariu, Saya mau se­bentar saya sudah melihat sua­sana Natal di sekitar gereja Eben­haezer Kariu ujar Penjabat Bupati Maluku Tengah. Penanganan lampu-lampu jalan serta penerangan rumah warga kariu juga langsung ditangani oleh Pemerintah kabu­paten Maluku Tengah.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu ke-94 Bernuansa Kebaya

Pada waktu yang bersamaan Sek­retaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah Rakib Sahubawa selaku juru bicara Tim Pemulangan warga Kariu juga mewakili Penjabat Bupati Maluku Tengah bersama Kapolda Maluku dan rombongan melakukan pertemuan langsung dengan Pe­merintah Negeri Pelauw guna membicarakan beberapa persoalan yang ada. (S-17)