SISTEM Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa  Kahiling, Wetar Timur yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021,  akhirnya bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Kahiling.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Maluku Barat Daya, Semuel F. Rupilu mengungkapkan, rasa  syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas ridho-Nya sehingga SPAM Desa Kahiling dapat terselesaikan serta  dapat difungsikan untuk melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat di kawasan perbatasan rawan air yakni Desa Kahiling.

Lanjutnya, SPAM Desa Kahiling dibangun dengan  APBD Kabupaten MBD Tahun 2021 melalui DAK Bidang Air Minum. Menjadi tantangan  tersendiri bagi Pemerintah Daerah Kab. MBD lewat Dinas PUPR Perkim Kabupaten  MBD untuk membangun SPAM  di Desa Kahiling karena secara geografis  memiliki  kontur tanah  yang berbukit-bukit dan terjal sehingga sulit untuk dikerjakan.

Namun atas kerja keras dan dukungan masyarakat, SPAM Desa Kahiling dapat diselesai­kan dan difungsikan. SPAM desa Kahiling terdiri dari 1 buah Bron­cup volume 20 M3, 1 buah reservoir tekan volume 3 M3, 1 buah resorvoir Distribusi 20 M3, 1 Buah Pompa tekan 24 Head dan 1 unit panet solar sel, 12.000 M pipa HDPE ukuran 3 “ dan 120 SR

SPAM ini dibangun dengan menggunakan sistem gravitasi dan sistem tekan (Pompa dan Solar Sel). Jarak dari sumber air ke Desa Kahiling berjarak 13 KM.

Baca Juga: Bupati Minta BKPSDM Perhatikan Keluhan ASN

Diharapkan dengan keberadaan SPAM ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Kahiling dalam memenuhi salah satu kebutuhan dasar yakni kebutuhan air bersih, dan juga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terdapat 120 Sambungan Rumah (SR) sehingga seluruh rumah tangga di desa Kahiling mendapat sambungan  Air Bersih.

Kepala Dinas PUTR Perkim juga berharap kepada pemerintah Desa Kahiling dan masyarakat bersama stakeholder lainnya baik Tokoh Masyarakat, Tokoh  Adat, Tokoh Agama dan Pemuda agar berperan aktif dalam  merawat, memelihara, menjaga, dan mengelola secara baik SPAM ini sehingga dapat melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat desa Kahiling untuk jangka waktu yang panjang dan tidak berkesudahan.

Pemerintah Daerah Kabupaten MBD berkomitmen untuk terus menyediakan infrastruktur dasar bagi kemajuan masyarakat Maluku Barat Daya sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati  MBD Periode 2021 – 2026

Dirinya juga mengucapkan terima kasih disampaikan kepada Penyedia, Camat Wetar Timur,  Kepala Desa Arwala, Kepala Desa Ilwai dan Kepala Desa Kahiling dan  seluruh pihak yang membantu dalam pembangunan SPAM di Desa Kahiling sampai dengan penyelesaiannya. (S-08)