AMBON, Siwalimanews – Pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPAC GMKI) dibawah naungan DPC GAMKI Kota Ambon, resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan Ketua DPC GAMKI Kota Ambon Baretha Meisar Titioka dalam rangkaian acara konferda IV yang dihadiri Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, Richard Luhukay serta seluruh fungsionaris GAMKI Kota Ambon.

Kelima DPAC yang akan dilantik masing-masing, DPAC Kecamatan Leitimur Selatan sesuai SK Nomor 1133/S-GAMKI/Internal/K//VI/2022 dibawah kepimpinan Claudya Parera, DPAC Kecamatan Baguala dipimpin Milton Kaya sesuai dengan SK Nomor1134/S-GAMKI/Internal/K//VI/2022.

Selanjutnya, DPAC Kecamatan Teluk Ambon dipimpin Hendri Risamena berdasarkan SK Nomor 1135/S-GAMKI/Internal/K//VI/2022, kemudian DPAC Kecamatan Nusaniwe dipimpin Ardy Manuputty sesuai SK Nomor 1136/S-GAMKI/Internal/K//VI/2022 dan DPAC Kecamatan Sirimau dipimpin Rolly Andre Matitakapa sesuai SK Nomor 1137/S-GAMKI/Internal/K//VI/2022.

Usai pelantikan Titioka mengatakan, pelantikan DPAC yang dilakukan hari ini merupakan amanat konstitusi yang mestinya dilakukan sejak beberapa bulan lalu, namun karena Indonesia dan secara khusus Maluku dilanda dengan pandemi, maka proses pemilihan DPAC tidak dapat dilakukan.

Baca Juga: Kapolda Santuni Purnawirawan Polri

Namun, DPC GAMKI Kota Ambon telah berkomitmen untuk menuntaskan semua struktur organisasi ditingkatkan anak cabang, maka terhitung sejak Maret hingga awal Juni lalu, DPC GAMKI Ambon telah menyelesaikan agenda suksesi kepemimpinan DPAC.

“Memang DPAC ini mestinya sudah harus tuntas dibeberapa waktu lalu, namun karena pandemi, maka tertunda dan hari ini secara resmi telah terbentuk sehingga dapat dilantik,” ujar Titioka.

Menurutnya, dalam kondisi pandemi kata Titioka, membuat sebagian organisasi sulit bergerak, namun GAMKI dapat bertahan ditengah latar belakang kader dan fungsionaris yang berbeda-beda.

Olehnya, salah satu agenda organisasi yang mestinya dituntaskan oleh DPAC yang baru pada lima kecamatan ini adalah, konsolidasi organisasi hingga tingkatkan desa dalam rangka meningkatkan kapasitas kader kedepan.

“Selama ini GAMKI Kota Ambon telah membangun hubungan kemitraan yang cukup intim bersama pemkot, sehingga telah melahirkan berbagai kebijakan dalam upaya memajukan kota ini kedepannya,” tandasnya.

Titioka berharap, dengan kepemimpinan lima kecamatan yang baru dilantik termasuk pengurusnya yang baru, diharapkan dapat terus bersinergi dengan pemda guna mencari solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di daerah ini.

Sementara itu Penjabat Walikota Ambon dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay mengaku, momentum konferda merupakan forum tertinggi diatas cabang untuk melakukan konsolidasi organisasi secara menyeluruh sesuai dengan amanat anggaran rumah tangga GAMKI.

“Sebagai penjabat walikota, kami berharap dengan semangat konferda IV, dapat membawa GAMKI semakin maju dan mampu memberikan kontribusi maksimal dalam mensukseskan pembangunan demi kemajuan bangsa dan negara,” pintanya.

Ia berharap, GAMKI Kota Ambon dapat menjadi mitra yang sejalan dan searah serta memberikan dukungan terhadap berbagai kebijakan yang diambil pemerintah kota Ambon dimasa kepemimpinan Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.(S-20)