AMBON Siwalimanews – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Maluku menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kapahaha, di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (20/4).

Kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini digelar dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022 itu diawali dengan upacara penghormatan yang dipimpin Kakanwil Kemenkumham Maluku HM Anwar.

Anwar dalam arahanya menjelaskan, ziarah ke TMP dijadikan sebagai momentum untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan, dan lebih dari itu untuk meneladani perjuangan mereka dalam pelaksanaan tugas saat ini.

“Salah satu cara untuk menghormati jasa perjuangan para pahlawan adalah dengan menunjukan semangat kita dalam pelaksanaan tugas saat ini. Tugas kita adalah untuk melanjutkan perjuangan mereka, dengan cara menghadirkan kemerdekaan itu bagi masyarakat lewat Kementerian Hukum dan HAM,” ucap Anwar.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Maluku, Saiful Sahri pada kesmepatan itu, mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan untuk sama -sama memanjatkan doa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Pemkab SBB Diingatkan Hati-Hati Lakukan Pengadaan Aset 

“Semoga arwah para pahlawan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kita sekalian diberi kemampuan untuk mewujudkan cita-cita luhur mereka,” ujar Saiful.

Usai rangkaian upacara, kakanwil kemudian melakukan peletakan karangan bunga di Monumen TMP Kapahaha, dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga pada setiap makam pahlawan oleh seluruh jajaran yang hadir Kanwil Kemenkumham yang hadir. (S-21)