AMBON, Siwalimanews – Dipastikan pada, Sabtu (23/4) Mgr Seno Inno Ngutra akan ditahbiskan sebagai Uskup diosis Amboina menggantikan Mgr PC Mandagi yang sejak 11 November 2020 ditunjuk sebagai Uskup Agung Merauke.

Vicaris Jenderal Keuskupan Amboina Ignasius S S Refo dalam keterangan persnya di Keuskupan Amboina, Rabu (20/4), menjelaskan, Mgr Seno Inno Ngutra akan menjadi Uskup Amboina pertama yang berasal dari Imam Diosesan Amboina.

“Sebelumnya semua Uskup Keuskupan Amboina berasal dari Tarekat Hati Kudus Yesus, atau yang dikenal dengan Missionarii Sacratissimi Cordis lesu (MSC),” ungkap Pastor Refo.

Upacara Pentahbisan akan diadakan di Katedral St Fransiskus Xaverius dan sebagai penahbis utama  adalah Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo, kemudian Uskup Petrus Canisius Mandagi sebagai penahbis satu dan Uskup Benedictus Rolly Untu sebagai penahbis dua.

Upacara pentahbisan ini sendiri akan dihadiri oleh 25 Uskup dari keuskupan-keuskupan di Indonesia, juga perwakilan dari keuskupan yang uskupnya tidak berkesempatan hadir, lebih dari 150 pastor, 50 biarawan/i, perwakilan umat dari wilayah-wilayah gerejawi Keuskupan Amboina dan perwakilan paroki paroki di kota Ambon,” ungkap Pastor Refo.

Baca Juga: Kapolda Pastikan Stok Sembako dan BBM Aman

“Direncanakan ada 1000 orang yang mengikuti upacara pentahbisan ini. Setelah upacara pentahbisan, kemudian dilanjutkan dengan acara seremoni yang direncakan pada pukul 21.00,” ujar Pastor Refo. (S-21)