AMBON, Siwalimanews – General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Pattimura Pribadi Maulana mengaku, arus mudik tahun ini terjadi lonjakan penumpang di Bandara Internasional pattimura mencapai 10 kali lipat.

“Lonjakan penumpang untuk mudik tahun ini alami peningaktan di Bandara Pattimura sekitar 938 persen atau 10 kali lipat dari biasanya,” ungkap Maulana disela-sela peninjauan kesiapan Pos PAM Bandara Pattimura oleh Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latief, Sabtu (30/4).

Ia mengaku, untuk penumpang yang datang maupun berangkat ada sekitar 3500 orang perhari, sementara jumlah penerbangan sendiri itu untuk pulang pergi sekitar 50 kali jadwal penerbangan.

“Untuk kargo juga alami peningkatan yang cukup signifikan yakni sekitar 17 ribu ton,” jelasnya.

Menurut Maulana, sejak pemerintah mengijinkan mudik dengan berbagai persyaratan, pihaknya telah siap dengan kapasitas terminal yang meningkat hingga mencapai 160 persen.

Baca Juga: Pagi Ini Walikota Diperiksa KPK

“Dengan demikian jika ada lonjakan penumpang, alhamdulillah masih bisa dipantau. Kita juga sudah bersinergi dengan TNI dan Polri, Basarnas serta pihak-pihak lain, untuk antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, namun sampai saat ini alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar,” tuturnya. (S-10)